SOLOPOS.COM - Kondisi aspal jalan di Underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, rusak, Selasa (11/1/2022). (Solopos-Candra Putra Mantovani)

Solopos.com, SOLO — Underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, akan ditutup selama dua pekan untuk proses perbaikan yang akan dimulai mulai Senin (21/2/2022) hingga Senin (7/3/2022). Akses underpass tersebut akan ditutup total dari seluruh jenis kendaraan.

Penutupan Underpass Makamhaji itu dipastikan akan berdampak pada bertambahnya beban arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan Kota Solo karena underpass berada di perbatasan wilayah dengan Solo. Ada beberapa lokasi yang bakal rawan terjadi kemacetan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Ari Wibowo, mengatakan underpass Makamhaji yang ditutup akan menimbulkan penambahan beban lalu lintas dan berpotensi terjadi kepadatan lalu lintas. Salah satunya di underpass Transito.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Siap-Siap! Underpass Makamhaji akan Ditutup 2 Pekan untuk Perbaikan

“Penambahan beban lalu lintas dari arah barat dan timur di APILL Kleco, simpang Faroka, Kerten, dan Purwosari. Potensi kepadatan lalu lintas juga mungkin terjadi di underpass Transito,” jelas Ari saat dihubungi Solopos.com, Selasa (8/2/2022).

Ari juga meminta pelaksana kegiatan untuk menambah perambuan di wilayah Solo. Misalnya di simpang Jongke dan APILL Makammaji, serta rambu imbauan di wilayah Kartasura.

Baca Juga: Rusak Lagi, Ini Fakta-Fakta Underpass Makamhaji di Kartasura Sukoharjo

Pada sisi lain, Dishub Kota Solo juga akan melakukan intervensi APILL di beberapa titik simpang. “Seperti di simpang Kleco, Faroka, Kerten, Purwosari, Gendengan, Tugu Wisnu, dan Girimulyo,” imbuh Ari.

Informasi yang diperoleh Solopos.com, underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, mengalami kerusakan cukup parah dan akan diperbaiki mulai Senin (21/2/2022). Untuk itu, akses underpass Makamhaji akan ditutup total selama periode perbaikan.

Baca Juga: Selain Langganan Jalan Rusak, Underpass Makamhaji Juga Rawan Kecelakaan

“Kami sudah rapat dengan Kemenhub dan sejumlah OPD terkait. Pelaksanaan perbaikan nanti dilakukan Balai Perkeretaapian Kemenhub. Kami hanya membantu saja. Dari hasil rapat tadi, kami mendapatkan kesimpulan memperbaiki struktur bangunan khususnya di bagian drainase-nya agar tidak rusak terus seperti saat ini,” ucap Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, Toni Sri Buntoro, Selasa siang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya