SOLOPOS.COM - Sejumlah siswa SMK Ma'arif 1 Wates, keluar dari laboratorium komputer, usai mengikuti UNBK, Senin (3/4/2017). (Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja)

UNBK 2017 di DIY berjalan lancar

Harianjogja.com, JOGJA – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tingkat SMK di DIY berlangsung lancar pada jadwal hari kedua, Selasa (4/4/2017). Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (DIsdikpora) DIY mengklaim, pelaksanaan di hari kedua justru lebih lancar dibandingkan saat jadwal hari pertama yang sebenarnya juga nyaris tanpa persoalan.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

Sekretariat UN Disdikpora DIY Muchamad Agus Budiyarto mengungkapkan hingga pelaksanaan di sesi ketiga pihaknya hanya mendapatkan satu laporan adanya sedikit masalah saat peserta ujian mengerjakan soal di layar komputer. Kendala itu berupa listrik padam atau sama dengan masalah yang terjadi di pelaksanaan hari pertama ujian, Senin (3/4/2017) lalu.

Ekspedisi Mudik 2024

“Masalahnya sama, listrik padam. Cuma laporan yang di hari kedua ini hanya terjadi di satu sekolah saja, yakni SMK Negeri 1 Depok Sleman,” ujarnya kepada Harianjogja.com, Selasa sore.

Listrik padam yang dilaporkan itu pun, jelas Agus, hanya terjadi di satu sekolah atau tidak menjalar ke sekolah terdekat. Itu berbeda dengan persoalan yang terjadi di hari pertama ketika listrik padam menjangkau satu kawasan sehingga gangguan ujian terjadi di lebih dari satu sekolah.

“Listrik padam di SMK Negeri 1 Depok juga hanya beberapa menit dan sudah bisa diatasi tanpa harus menerjunkan Tim Helpdesk,” jelasnya.

Adapun mata pelajaran yang diujikan di hari kedua adalah Matematika. Hingga pukul 15.30 WIB, pihaknya juga tidak menerima laporan tambahan terkait masalah seputar UNBK. Dengan kondisi itu Agus mengklaim UNBK di DIY hingga hari kedua berlangsung sangat sukses.

Untuk aspek kehadiran peserta ujian pun menurut Agus masih kondusif hingga pelaksanaan hari kedua. Pihaknya belum mendapat laporan adanya siswa yang tiba-tiba berhalangan hadir karena sejumlah kendala seperti sakit dan persoalan lainnya. Adapun jumlah keseluruhan peserta UNBK SMK di DIY adalah 27.793 siswa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya