SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Tujuh dari 13 siswa yang terdaftar sebagai peserta Ujian Nasional (UN) susulan SMP dipastikan tidak lulus setelah tidak mengikuti ujian hari pertama, di SMPN 10 Solo, Senin (29/4/2013). Ketujuh siswa itu absen tanpa memberikan surat keterangan.

Lebih dari separuh peserta ujian yang absen membuat panitia UN Kota Solo bertindak cepat untuk menghubungi sekolah asal mereka.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Langsung kami konfirmasi karena sudah didaftarkan untuk mengikuti UN susulan kok tidak datang. Alasannya kenapa, biasanya mereka mengundurkan diri,” jelas Sekretaris II Panitia UN Kota Solo, Waliyono, saat ditemui wartawan di SMPN 10 Solo, Senin pagi.

Menurutnya, siswa yang mengundurkan diri harus mengirimkan surat secara resmi. Sebelumnya, 13 peserta telah didaftarkan panitia UN Kota Solo ke Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) untuk mengikuti ujian susulan. Sebanyak 13 peserta itu juga telah memberikan surat izin sakit dari dokter untuk tidak mengikuti UN utama pada pekan lalu.

Dia memastikan siswa yang tidak hadir itu tidak lulus karena UN adalah syarat mutlak kelulusan. Meski hadir pada UN susulan hari kedua, siswa yang absen pada hari pertama saat mata pelajaran Bahasa Indonesia tetap dipastikan tidak lulus. Siswa yang tidak lulus itu masih bisa melanjutkan ke sekolah swasta setelah mengikuti dan lulus dari Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Paket C.

Rencananya, UNPK Paket C digelar Juli mendatang.

“Jika tidak lulus UNPK Paket C, siswa harus mengulang UN tahun depan,” jelasnya.

UN susulan yang diikuti enam siswa kemarin dilaksanakan di laboratorium (lab) Bahasa SMPN 10. Menurutnya, UN susulan berjalan kondusif dan tidak ada siswa yang terlambat. “Tidak ada naskah yang rusak maupun kurang karena satu amplop isinya 21 naskah, sedangkan yang datang hanya enam siswa,” paparnya.

Beberapa siswa yang mengikuti UN susulan diantar oleh pihak sekolah dan orang tua. Untuk mengantisipasi keterlambatan, siswa masuk ke kelas sekitar pukul 07.00 WIB. Kemudian pada pukul 07.30 WIB siswa mulai mengerjakan ujian hingga pukul 09.30 WIB.

Dia berharap siswa yang terdaftar dalam UN susulan hari kedua, Selasa (29/4/2013), bisa mengikuti ujian semua. Selasa ini, ada 15 siswa yang didaftarkan untuk mengikuti ujian pada mata pelajaran (mapel) Bahasa Inggris. Dia mengimbau siswa agar tetap belajar untuk mempersiapkan ujian selanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya