SOLOPOS.COM - Siswa SMKN 3 Jogja saat melakukan simulasi pengerjaan soal UNBK di kelas K10, Sabtu (9/1/2016). (Joko Nugroho/JIBI/Harian Jogja)

UN 2017 sebelum digelar, siswa jalani simulasi

Harianjogja.com, JOGJA – Kepala Dinas Pendidikan Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kadarmanta Baskara Aji mengklaim pelaksanaan simulasi Ujian Nasional berbasis Komputer (UNBK) di DIY berjalan lancar. Adapun, permasalahan yang masih terjadi dalam pelaksanaan simulasi itu adalah konektivitas ke server yang belum lancar sehingga peserta kesulitan untuk login ke soal.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hanya saja, menurut Baskara Aji, permasalah hanya ada dalam simulasi di tingkat SMP. Sementara untuk simulasi UNBK tingkat SMA/SMK relatif berjalan lancar.

“Kami maklum karena untuk tingkat SMP kan belum begitu fammiliar dengan UNBK. Beda dengan SMA yang sudah lebih familiar. Apalagi sejumlah SMA dan SMK yang tahun kemarin sudah menyelenggarakan UNBK,” ujar Baskara Aji saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Rabu (1/3/2017).

Aji menjelaskan, kendala yang dihadapi dalam stimulasi tersebut juga hanya terjadi di sesi pertama. Selebihnya di sesi kedua masalah sudah teratasi. Kendala itu pun hanya terjadi di sekolah wilayah Kabupaten Bantul. Untuk pelaksanaan stimulasi di wilayah lainnya relatif lancar.

“Apalagi kan ada yang menggunakan laptop dalam simulasi itu. Jadi konektivitas PC dan laptop ke server kan berbeda,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya