SOLOPOS.COM - Seorang warga melihat pengumuman nama peserta seleksi perangkat desa di Balai Desa  Pokoh Kidul, Kecamatan Wonogiri, Wonogiri, Selasa (30/11/2021) (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, WONOGIRI—Sejumlah anak muda di Desa Pokoh Kidul, Kecamatan Wonogiri, Wonogiri, mendaftar menjadi perangkat desa atau perdes. Saeorang perempuan sampai menangis tidak bisa mendaftar sebab umurnya kurang satu bulan.

Hal ini menjadi salah satu indikator mulai tumbuhnya kesadaran kelompok muda untuk memajukan desanya dibandingkan merantau. Berdasarkan pantauan Solopos.com, melalui papan pengumuman Desa Pokoh Kidul, Selasa (30/11/2021), 50 peserta mengikuti seleksi perangkat desa Desa Pokoh Kidul. Pengumuman menyampaikan data mengenai nama peserta, tanggal lahir, alamat, pendidikan terakhir, dan jabatan yang dilamar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Pelaku Begal Payudara di Klaten Ditangkap, Mengaku Beraksi 10 Kali

Ada 33 peserta yang lahir pada 1990 sampai 1999, tiga peserta lahir pada 2000, satu peserta pada 2001, dan sisanya di bawah atau sama dengan 1989. Sedangkan pendidikan terakhir para peserta SMA/sederajat, D3, dan S1.

Kepala Desa Pokoh Kidul Wuryatno mengatakan ada empat lowongan perangkat desanya, masing-masing kasi pemerintahan, kasi kesejahteraan rakyat, kepala dusun Kajar, dan kepala dusun Pengkol. Jumlah peserta pada desa Pokoh Kidul merupakan paling banyak di Kecamatan Wonogiri.

“Saya malah senang banyak anak muda yang tertarik menjadi perangkat desa karena dalam mengerjakan pelayanan kalau orang muda lebih cepat lebih sehingga masyarakat sejahtera,” kata dia saat ditemui di kantornya, Selasa (30/1/2021).

Baca Juga: Diduga Korsleting, Tower BTS di Simo Boyolali Terbakar

Menurut dia, anak muda tertarik menjadi perangkat desa dibandingkan merantau karena dijamin kesejahteraannya melalui regulasi. Perangkat desa tidak kalah dalam hal yang kaitannya dengan kesejahteraan.

Wuryatno mengatakan saking tingginya minat anak muda untuk menjadi perangkat desa ada satu calon peserta yang berusia 19 tahunan datang menemuinya setelah menerima informasi lowongan perangkat desa. Perempuan tersebut tanya mengenai persyaratan peserta namun tidak memenuhi syarat sebab belum berusia 20 tahun.

“Umurnya kurang sebulan atau berapa bulan datang ke sini menangis. Artinya kurang berapa bulan enggak biisa namanya administrasi harus tertib enggak bisa direkayasa,” paparnya.

Baca Juga: Katrol Unik Masjid di Kahuman Klaten, Perkampungan Tertua di Indonesia

Dia mengatakan syarat yang belum terpenuhi hanya umurnya saja. Perempuan muda itu datang didampingi saudaranya.

Adapun seleksi perangkat Desa Pokoh Kidul terakhir pada 2017 dengan pendaftar 17 orang untuk memperebutkan satu lowongan. Dia mengklaim banyak anak muda yang mendaftar pada waktu itu.

 

Tahapan Seleksi

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Wonogiri, Zyqma Idatya Fitha, mengatakan tahapan seleksi perangkat desa sampai pada penyampaian peserta kepada masyarakat selama tiga hari sejak Selasa (30/11/2021).

Baca Juga: Buka Lagi, Kolam Keceh Bulusulur Wonogiri Dilengkapi Terapi Ikan

Warga dapat melihat nama peserta dan status pendidikan terakhir para peserta yang ikut seleksi. Warga dapat ikut mengawasi khususnya pada bagian pendidikan sehingga jika ada kecurangan mengenai status pendidikan panitia seleksi dapat mengecek ke lembaga satuan pendidikan terkait.

“Total pendaftar 2.467 dan sedang kami rekap. Ada beberapa tidak memenuhi syarat kami minta dikembalikan. Salah satunya ada peserta yang tidak melengkapi berkas terkait pengadilan mengenai keterangan tidak pernah menjalani hukuman,” paparnya.

Adapun jumlah lowongan perangkat desa ada 292 formasi di Wonogiri. Seluruh tahapan pada semua desa dilakukan serentak sesuai kesepakatan Pemerintah Kabupaten Wonogiri dengan semua desa yang membuka lowongan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya