SOLOPOS.COM - Proses pengepakan gula semut di Dusun Sekendal, Hargotirto, Kokap, Kulonprogo. (JIBI/Harian Jogja/Rima Sekarani I.N.)

UMKM Kulonprogo untuk gula semut kian diminati,

Harianjogja.com, KULONPROGO — Gula semut organik produksi Kulonprogo diharapkan bisa masuk ke pasar Korea. Selama ini, pemasaran mancanegara produk gula kelapa ini baru mencakup pasar Jepang, Amerika, dan Eropa.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

(Baca Juga : KULINER KULONPROGO : Jenang Madu Sirat, Gula Kethak & Gula Semut Asli Wates)

Sebagian besar hasil produksi dipasarkan ke pasar Amerika. Muh. Hariyono, Kepala Bidang Pemberdayaan Dinas Koperasi dan UMKM Kulonprogo menjelaskan jika pemerintah daerah selama ini sebenarnya telah bekerja sama dengan Korea International Trade Association (KITA). Organisasi perdagangan asal Korea Selatan tersebut selama ini telah memasarkan gula semut ke sejumlah pusat perdagangan modern  yang dikelolanya.

Sejumlah pusat perdagangan tersebut terletak di berbagai kota di wilayah Jakarta, Tangerang, Bogor, dan Bekasi. Namun, ia mengungkapkan jika kerja sama tersebut sebenarnya juga diharapkan menjadi jalan produk organik ini masuk ke pasar Korea.

“Jika dipasarkan ke dalam negeri sebenarnya bisa kita upayakan sendiri,”ujarnya, Rabu(23/11/2016).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya