SOLOPOS.COM - Proses pengepakan gula semut di Dusun Sekendal, Hargotirto, Kokap, Kulonprogo. (JIBI/Harian Jogja/Rima Sekarani I.N.)

UMKM Kulonprogo gula semut melakukan diversifikasi produk

Harianjogja.com, KULONPROGO — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo melakukan uji coba mencampur gula semut dengan kopi pada pelatihan ketrampilan pengrajin gula semut di Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh. Percobaan ini dilakukan guna mengembangkan inovasi produk dan memperluas pasar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Dinas Perdagangan Kulonprogo, Niken Probo Laras mengatakan pelatihan dilakukan di daerah yang bakal dilalui jalur pengembangan bandara, Kawasan Strategis Pariwisata Nasiona (KSPN) Borobudur, dan Bedah Menoreh.

“Pengrajin Samigaluh agar bisa memnafaatkan peluang yang tercipta melalui wirausaha dan produk yang semakin inovatif,”ujarnya pada Senin(20/3/2017).

Karena itu, coba dicari kombinasi yang tepat untuk formula pencampuran tersebut yang menfaatkan nira aren sebagai bahan baku lokal. Terlebih lagi, kopi memiliki peminat yang banyak dengan cakupan usia yang beragam. Selain kopi, dilakukan pula pengembangan gula semut sebagai bahan baku produk kombinasi jahe, kunir, dan kencur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya