SOLOPOS.COM - Juru masak (Chef) dari Australia Janet Deneefe (tengah) memasak menggunakan bahan baku tahu saat kegiatan Festival Tahu di Balai Kota Kediri, Jawa Timur, Minggu (21/8/2016). Festival Tahu yang mendatangkan chef dari lima negara tersebut mengedukasi masyarakat tentang Tahu yang dapat dimasak menjadi masakan berselera Internasional sekaligus mengkampanyekan ke dunia luar Kota Kediri sebagai Kota Tahu. (JIBI/Madiunpos.com/Antara/Prasetia Fauzani)

UMKM Kediri, Pemkot Kediri mencoba membuat desain bungkus tahu berbahan kaleng.

Madiunpos.com, KEDIRI–Pemerintah Kota Kediri mencoba mendesain bungkus tahu yang terbuat dari kaleng, sehingga tahu tidak hancur saat dibawa bepergian jauh.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami ingin kembangkan supaya tahu bisa awet dan bisa pasarkan lebih jauh lagi, misalnya ke luar negeri. Kami lagi pikirkan tahu kaleng,” kata Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar seperti dilansir Antara, Senin (22/8/2016).

Wali Kota mengatakan kualitas tahu yang cukup baik tidak terlalu panjang, hanya sekitar 24 jam. Terlebih lagi tahu dibawa ke luar kota, jika tidak dikemas dengan baik tahu bisa hancur.

Sementara itu, istri Wali Kota Kediri Ferry Silviana Feronica Abdullah Abu Bakar menambahkan riset untuk tahu kaleng itu sudah dilakukan. Jika tahu bisa dikemas menjadi lebih baik, tentunya semakin menambah nilai dari produk khas Kediri tersebut.

“Riset sudah dilakukan, dan tentu kami berharap tahu bisa menjadi sumber baru PAD Kota Kediri, jadi itu salah satu inovasi yang mungkin bisa dilakukan,” katanya.

Bunda Fey, sapaan akrabnya mengatakan untuk tahu dengan bungkus dari kaleng dan diberi nama Tahu Kaleng Kota Kediri (Takakori) ini memang untuk segmen menengah ke atas. Selama ini, tahu hanya dibungkus dengan plastik ataupun dengan besek jika dibawa ke luar kota.

“Wisatawan yang ke Kediri, yang ingin tahunya bisa diterima penerima oleh-oleh dalam keadaan baik tentunya pilih itu (Takakori) ataupun pergi umrah pilih itu,” ujar dia.

Bunda Fey juga berharap makanan tahu dari Kota Kediri akan semakin diminati dan menjadi oleh-oleh yang semakin digemari dari Kota Kediri. Bahkan, tahu pun juga bisa diolah menjadi beragam masakan, termasuk masakan luar negeri.

Di Kediri, terkenal dengan oleh-oleh tahu takwa. Makanan olahan dari kedelai ini beda dengan tahu putih. Tahu takwa setelah melalui proses masak dan dipotong dimasak kembali dengan campuran kunyit, sehingga warnanya menjadi kuning. Setelahnya, tahu diangin-anginkan, sehingga teksturnya menjadi lebih padat dan kenyal, sedangkan tahu pong atau tahu putih biasanya direndam terlebih dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya