[x] close
UMKM JAWA TENGAH : Unggulkan Motif Klasik, Batik Tegal Makin Diminati
Solopos.com|jateng

UMKM JAWA TENGAH : Unggulkan Motif Klasik, Batik Tegal Makin Diminati

ilustrasi (JIBI/Burhan Aris Nugraha/dok)

UMKM Jawa Tengah  khususnya daerah Tegal terus berkembang. Salah satu unggulan produk dari tegal saat ini adalah batik khas tegal yang mengunggulkan motif klasik 

 

Solopos.com, SEMARANG - Batik Tegal atau biasa disebut dengan batik tegalan banyak diminati pasar baik dari dalam maupun luar kabupaten tersebut, kata Kepala Seksi Pengembangan Usaha Mikro dan Sektor Informal Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Tegal Sarwoko.

"Meski sudah mulai banyak yang meminati namun kami berupaya terus mengenalkannya kepada masyarakat luas," katanya pada kunjungannya di Semarang seperti dikutip Antara, Selasa (26/5/2015).

Menurutnya, batik tegal terkenal dengan motif klasiknya. Salah satu motif yang terkenal dan identik dengan Kabupaten Tegal yaitu motif galaran.

"Yang membedakan batik asal Kabupaten Tegal dengan daerah lain adalah dari ketegasan motif. Kalau motif batik Tegal lebih tegas karena mewujudkan karakter orang pesisir," katanya.

Meski sama-sama bermotif tegas seperti halnya batik asal Madura, namun menurutnya batik asal Kabupaten Tegal ini lebih luwes pada sisi gerakan cantingnya.

"Kalau dilihat dari gerakan cantingnya tetap memperlihatkan batik tersebut dibuat oleh orang Jawa Tengah, lebih halus dan luwes dibandingkan dengan gerakan canting yang terlihat pada batik Madura," katanya.

Sementara itu mengenai pemasaran secara keseluruhan, diakuinya masih banyak didominasi oleh penjualan secara personal. Bahkan melalui sistem penjualan secara personal tersebut, batik asal Kabupaten Tegal sudah banyak masuk ke sejumlah negara lain.

Close Video
Promo & Events
Baca Juga
View All
Berita Terpopuler
Indeks
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago