SOLOPOS.COM - Objek wisata Umbul Pengging di Boyolali, Jawa Tengah. (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, BOYOLALI -- Program Jateng di Rumah Saja dan Boyolali di Rumah Saja pada Sabtu-Minggu (6-7/2/2021) dimanfaatkan pengelola tempat wisata untuk membersihkan lokasi yang dikelolanya, salah satunya Umbul Pengging, di Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali.

Objek wisata Umbul Pengging tersebut tutup pada Sabtu-Minggu akhir pekan lalu. Gerbang utamanya digembok. Sebuah spanduk terpasang di gerbang itu yang isinya pemberitahuan jika pada tanggal 6-7 Februari lokasi tersebut tutup.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Tutup dua hari karena ada arahan dari pemerintah. Dua hari ini kami gunakan untuk bersih-bersih dan penyemprotan [disinfektan] di lokasi. Semua kami bersihkan," jelas pengelola Umbul Pengging, Wardoyo, Sabtu (6/2/2021).

Baca juga: BMKG Peringatkan Seluruh Provinsi di Jawa Siaga Banjir Kecuali DIY!

Diketahui, Umbul Pengging merupakan salah satu lokasi wisata yang menyajikan wisata air atau kolam renang. Sempat tutup total akibat pandemi Covid-19, lokasi tersebut mulai buka kembali pada 5 September 2020.

Meski demikian Wardoyo mengaku jumlah pengunjungnya saat ini turun drastis dibandingkan dulu sebelum adanya pandemi Covid-19. "Sepi sekarang ini. Berkurang banyak dibandingkan dulu sebelum Covid-19," kata dia.

Patroli di Lokasi Wisata

Sementara itu Camat Banyudono, Radityo Sumarno, mengatakan pada hari itu pihaknya bersama tim gabungan dari TNI, Polri dan Satpol PP melakukan patroli. Salah satunya di lokasi-lokasi wisata.

"Untuk tempat wisata, tadi di Umbul Sungsang, Umbul Sewu dan Umbul Pengging, tadi kami monitoring sudah tutup. Kepada pengelola memang diimbau untuk sterilisasi dan disinfeksi selama dua hari ini, Sabtu dan Minggu," kata dia, Sabtu.

Baca juga: Mal Boleh Buka hingga Pukul 21.00 WIB Saat PPKM Mikro 9-22 Februari 2021

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Boyolali, Susilo Hartono, sebelumnya mengatakan pihaknya telah memberikan surat pemberitahuan kepada pengelola tempat wisata, tempat hiburan, sarana olahraga dan sebagainya, agar tutup sementara pada dua hari tersebut, Sabtu dan Minggu.

Penutupan sementara itu ditujukan untuk mengurangi aktivitas masyarakat di luar rumah dan memutus rantai persebaran Covid-19. empat wisata Umbul Pengging, tutup dua hari , bersamaan dengan Gerakan Jateng di Rumah Saja dan Boyolali di Rumah Saja.

Baca juga: BMKG Peringatkan Seluruh Provinsi di Jawa Siaga Banjir Kecuali DIY!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya