top ear
Ma'ruf Amin menerima penghargaan spesial di UNS Solo di hari ulang tahunnya ke-77, Rabu (11/3/2020). (Solopos/M. Ferri Setiawan)
  • SOLOPOS.COM
    Ma'ruf Amin menerima penghargaan spesial di UNS Solo di hari ulang tahunnya ke-77, Rabu (11/3/2020). (Solopos/M. Ferri Setiawan)

Ultah ke-77, Wapres Ma’ruf Amin Dapat Kado Spesial dari UNS Solo

Wapres Ma’ruf Amin mendapat kado spesial dari UNS Solo di hari ulang tahunnya yanng ke-77, Rabu (11/3/2020).
Diterbitkan Kamis, 12/03/2020 - 09:24 WIB
oleh Solopos.com/Akhmad Ludiyanto
3 menit baca

Solopos.com, SOLO – Wapres Ma’ruf Amin mendapat penghargaan bergengsi di ulang tahunnya yang ke-77 tahun dari UNS Solo. Dia mendapat anugerah tertinggi bidang ekonomi syariah.

Penghargaann itu diberikan pihak Universitas Sebelas maret (UNS) Solo, Rabu (11/3/2020), berteparan dengan hari kelahiran Ma’ruf Amin. Pada hari itu juga UNS Solo merayakan ulang tahun ke-44.

Kisah Cinta Manusia & Jin di Waduk Lalung Karanganyar 

UNS Solo memberikan penghargaan Parasamya Anugraha Dharma Krida Upa Baksana kepada Ma’ruf Amin, sebuah penghargaan atas kiprahnya dalam mendorong ekonomi syariah di Indonesia. Bagi Wakil Presiden (Wapres) Indonesia itu, penghargaan tersebut dinilainya ditujukan kepada pengembangan ekonomi syariah di Indonesia.

“Iya. Ini adalah hari lahir saya. Kemudian [di tanggal yang sama] juga lahir Supersemar pada zaman Pak Harto [Presiden RI Soeharto], lalu lahir UNS. Tentang penghargaan, saya merasa ini penghargaan bukan kepada saya tetapi kepada pengembangan ekonomi syariah Indonesia,” ujar Ma’ruf Amin saat ditemui wartawan seusai Sidang Senat Terbuka UNS Solo dalam rangka Dies Natalis ke-44.

Waspada Corona Di Sragen, 11 Warga Dalam Pemantauan 

Didampingi Rektor UNS Solo Jamal Wiwoho, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Wakil  Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin dan pejabat lainnya, Ma’ruf Amin mengaku cukup bangga atas penghargaan itu karena diberikan oleh perguruan tinggi ternama.

“UNS ini sebuah universitas ternama di Indonesia,” imbuhnya.

Imbauan Ma'ruf Amin

Dalam pidatonya di sidang senat, Ma’ruf Amin mengajak UNS Solo turut berkiprah mengembangkan ekonomi nasional, khususnya ekonomi syariah. Menurutnya, bangsa Indonesia masih butuh perjalanan panjang untuk menjadikan ekonomi syariah sebagai sumber kemaslahatan umat.

Dia menjelaskan, pengembangan ekonomi syariah berawal dari keinginan ulama melindungi umat supaya dapat bermuamalah sesuai syariah. Terutama di dalam berbagai transaksi perekonomian, khususnya perbankan dengan sistem bunga, disebut sebagai riba yang diharamkan.

Kisah Perawat Pasien Virus Corona di Indonesia Melawan Risiko

ma'ruf amin pidato di UNS Solo seusai menerima penghargaan
Ma'ruf Amin menyampaikan pidato seusai menerima penghargaan di UNS Solo, Rabu (11/3/2020). (Solopos/m. Ferri Setiawan)

“Oleh karena itu pada tahun 1990 Majelis Ulama Indonesia [MUI] mengadakan lokakarya tentang bunga bank yang kemudian mendorong lahirnya Bank Mualamat sebagai bank syariah pertama pada tahun 1991. Jadi Bank Muammalat sebetulnya lahir mendahului terbitnya undang-undang perbankan yang mengatur tentang bank dengan sistem bagi hasil pada tahun 1992,” kata dia.

Di Balik Penghargaan untuk Ma'ruf

Sementara itu, Rektor UNS Solo Jamal Wiwoho mengatakan, penghargaan kepada Ma’ruf tidak diberikan begitu saja. Pihaknya telah mempelajari rekam jejak orang nomor dua di Indonesia di bidang ekonomi syariah.

Lirik Lagu Sedang Sayang-Sayangnya - Mawar de Jongh

“Kami telah mempelajari rekam jejak kepakaran beliau [Ma’ruf] di bidang ekonomi syariah sebagai hasil dari perpaduan pemikiran khas pesantren dan tantangan kehidupan ekonomi modern. Beliau telah mempratikkan solusi hukum Islam [makharij Fiqhiyyah] sebagai pendorong arus baru ekonomi syariah di Indonesia untuk memecahkan permasalahan ekonomi dan keuangan syariah,” ujarnya.

Jamal Wiwoho menambahkan, saat ini UNS Solo juga telah bekerja sama dengan Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) untuk pengembangan tridharma perguruan tinggi di bidang keuangan dan ekonomi syariah.


Editor : Profile Chelin Indra Sushmita
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com


berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini