SOLOPOS.COM - Warga Jurangjero, Karanganom, Klaten, menangkap ular sepanjang 5 meter di kandang ayam, Sabtu (1/5/2021) malam. (Detik)

Solopos.com, KLATEN -- Seekor ular piton sepanjang lima meter tertangkap saat hendak memangsa ayam di kandang milik warga Dusun/ Desa Jurang Jero, Kecamatan Karanganom, Klaten, Sabtu (1/5/2021) malam.

"Tadi malam sekitar jam 22.00 WIB ada suara berisik di kandang ayam belakang rumah. Saya lihat dan turun ternyata ada ular di kandang," ungkap pemilik kandang tersebut, Slamet, 53, seperti diberitakan detikcom, Minggu (2/5/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Beruntung ular itu keburu ditangkap sebelum sempat memakan ayam milik Slamet. Saat dihitung, Slamet mengatakan ayam peliharannya genap berjumlah enam ekor.

Baca Juga: Pemudik Masuk Klaten Tetap Wajib Karantina Meski Bawa Hasil Tes Antigen

"Belum makan ayam, baru masuk kandang. Ayam saya hitung masih enam ekor tapi bulan yang lalu satu ayam jago saya hilang," lanjut warga Karanganom, Klaten, itu mengenai penangkapan ular piton tersebut.

Slamet mengatakan di belakang rumah atau kandang ayam miliknya ada merupakan sungai yang berhulu di lereng Gunung Merapi. Temuan ular ini pun sudah kali keempat dalam setahun ini.

"Selama ini sudah empat kali ditemukan ular serupa. Tapi ini yang paling besar dan panjang," kata Slamet.

Baca Juga: Kisah Pramugari Cantik Asal Solo: Dulu Ditolak Maskapai Lokal, Kini Sukses Di Emirates Airlines

Sementara itu, warga lainnya, Wahyu Budiono, 20, menduga ular piton yang tertangkap di kandang milik warga Karanganom, Klaten, itu masuk kandang melalui genting. Diduga ular itu terjatuh sehingga membuat ayam-ayam tersebut kaget.

Terjebak

"Saat jatuh itu ayam kaget sehingga ribut. Saat kami masuk ular di bawah terjebak dan tidak mungkin masuk karena dinding kandang dari strimin dan bambu rapat," terang Wahyu.

Melihat ular besar itu, Wahyu mengaku tidak berani langsung menangkapnya. Wahyu dan Slamet akhirnya meminta bantuan pawang ular yakni Suyanto dan sukarelawan.

Baca Juga: Bermula Dari Lapangan Voli, Begini Proses Munculnya Wisata Malam Ngembung Wonogiri

"Kami tidak berani kalau cuma berdua atau bertiga sebab ularnya besar. Kami minta tolong baru ditangkap bersama oleh lima orang. Panjangnya saya ukur lima meter," papar Wahyu.

Saat ini, ular piton berukuran 5 meter itu diamankan di kandang warga. Ular itu menjadi tontonan dan bakal diberikan jika ada warga lain yang hendak membeli atau memelihara ular tersebut.

"Kalau ada yang minat ya kami serahkan. Kalau ada yang mau beli ya silakan tapi ularnya masih agresif karena kelihatan baru saja ganti kulit," jelas Wahyu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya