SOLOPOS.COM - Dr. Andeka Rocky Tanaamah Pembantu Rektor III UKSW saat memberikan sambutannya dalam acara Sosialisasi PKM. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Lebih dari 200 mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana atau UKSW Salatiga mengikuti kegiatan Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2022 yang diselenggarakan oleh Lembaga Layanan Kemahasiswaan (LLK) secara virtual, belum lama ini.

PKM yang merupakan program dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi (Diktiristek) saat ini telah memasuki jadwal penerimaan proposal.

Pembantu Rektor III UKSW, Dr. Andeka Rocky Tanaamah, SE., M.Cs., menuturkan PKM merupakan ajang bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi profesional atau keilmuan. Pihaknya mendorong para mahasiswa untuk memberdayakan diri dan memiliki daya saing.

“Mahasiswa wajib untuk memberdayakan diri dan berdaya saing sesuai dengan karakter UKSW yang selama ini melekat yakni creative minority. Oleh karena itu teman-teman mahasiswa dapat menuangkan kemampuan profesional atau keilmuan berdasarkan ciri tersebut,” pesan Pembantu Rektor bidang Kemahasiswaan UKSW ini.

Baca Juga: Didampingi UKSW, Desa Gogodalem Semarang Kembangkan Wisata Air

Disampaikannya, tahun 2022 ini selain PKM akan diselenggarakan juga berbagai kompetisi tingkat nasional seperti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas), Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas), hingga Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) sehingga menjadi waktu yang tepat bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri.

Melalui kegiatan sosialisasi yang digelar kemarin, Andeka Rocky berharap dapat sarana positif pengembangan kompetensi sehingga meningkatkan karakter berdaya saing mahasiswa.

“Terima kasih pula untuk dukungan para dosen yang telah mendampingi mahasiswa termasuk dalam penguatan aspek profesional maupun humanistik. Kita berharap dapat kembali terjadi peningkatan jumlah proposal PKM yang dikirimkan,” harapnya.

Baca Juga: UKSW Jalin Kerja Sama dengan Universitas Halmahera, Ini Tujuannya

Andeka Rocky menargetkan lebih banyak proposal PKM dari mahasiswa UKSW yang lolos pendanaan Dikti dibanding tahun lalu yakni 13 proposal yang didanai.

Segera Daftar

Dr. Yohanes Martono, S.Si., M.Sc., dari tim professional skill UKSW menerangkan penerimaan proposal PKM telah dibuka hingga 31 Maret 2022. Mahasiswa yang berminat mengikuti PKM dapat mengunduh panduan pada simbelmawa.kemdikbud.go.id.

Dosen Fakultas Sains dan Matematika (FSM) UKSW ini memaparkan sejumlah perubahan pada gelaran PKM 2022 dari tahun sebelumnya. Beberapa di antaranya disampaikan Dr. Martono yakni pada tahun ini PKM-R (Riset) telah dipecah menjadi lebih detail yakni PKM RE (Riset Eksata) dan PKM RSH (Riset Sosial Humaniora).

Terdapat perubahan pula pada SKIM PKM yang terdiri atas dua bentuk yakni berupa Pendanaan dan Insentif. Jenis PKM yang termasuk dalam kategori akan didanai yaitu PKM RE, PKM RSH, PKM-K (Kewirausahaan), PKM-PM (Pengabdian Kepada Masyarakat), PKM-PI (Penerapan Iptek), PKM-KC (Karsa Cipta), PKM-KI (Karya Inovatif), PKM-VGK (Video Gagasan Konstruktif). Adapun insentif akan diberikan untuk PKM-GFT (Gagasan Futuristik Tertulis ) dan PKM-AI (Artikel Ilmiah).

UKSW
Dr. Yohanes Martono, S.Si., M.Sc., dari tim professional skill UKSW saat menyampaikan paparan saat acara Sosialisasi PKM bagi mahasiswa. (Istimewa)

Baca Juga: Wow, 2 Kelompok Wakili UKSW di Ajang Regional Summits Hult Prize

Tahun 2022 PKM-GFK berubah menjadi PKM-VGK, PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT) berubah menjadi PKM Gagasan Futuristik Tertulis (PKM-GFT). Untuk mempermudah pemahaman perbedaan masing-masing bidang PKM dan untuk menyesuaikan dengan kondisi lingkungan, Pedoman PKM tahun sebelumnya disempurnakan menjadi Pedoman PKM 2022.

“Pelaksanaan PKM dituangkan dalam satu buku pedoman. Program Kreativitas Mahasiswa sangat mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama [IKU], yaitu meningkatkan jumlah mahasiswa berprestasi di level nasional,” tegasnya.

Yohanes menambahkan PKM 2022 dapat diselenggarakan secara luring dengan protokol kesehatan ketat dan memanfaatkan penggunaan IT.

Adapun berdasarkan klasterisasi Perguruan Tinggi di mana UKSW berada pada klaster III, untuk pengiriman proposal PKM tahun 2022 ini UKSW memperoleh kuota sebanyak 125 porposal PKM 8 Bidang, 15 PKM AI dan 15 PKM GFT. Mengenai kuota ini disampaikan Yohanes ditentukan oleh Simbelmawa.

Baca Juga: Kisah Mahasiswa Asal Mesir Kuliah di UKSW, Belajar Toleransi sampai Makanan Murah

Sementara itu, Kepala LLK UKSW Giner Maslebu, S. Pd, S. Si, M. Si., menyebut bagi peserta yang lolos PKM memperoleh kesempatan untuk mengonversikan keikutsertaannya dalam SKS. Panduan mengenai konversi tersebut saat ini tinggal menunggu pengesahan dari pimpinan universitas.

“Mengenai konversi ini nantinya akan melalui pengelolaan kurikulum di level prodi. Apabila aturan tersebut telah diterbitkan dari pimpinan selanjutnya prodi akan mengaturnya. Infomasi lengkap mengenai PKM dapat dilihat pada stars.uksw.edu, segala informasi hingga timeline kegiatan ini telah kami unggah pada laman tersebut,” terang Giner.

Rekomendasi
Berita Lainnya