SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Solopos.com)–Pengusaha Ujang Koswara, pemilik Green Land Care Bandung memberikan motivasi kepada pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Soloraya, Selasa (19/7/2011), bertempat di Best Western Hotel Premier.

Ajang motivasi yang difasilitasi Bank Indonesia (BI) Solo itu dihadiri sejumlah UKM se-Soloraya seperti UKM batik, UKM jamur, UKM mebel rotan, pelaku industri kreatif dan kerajinan tangan. Ujang mengatakan, mayoritas UKM di Indonesia saat ini adalah UKM by accident bukan by design.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Mereka adalah orang-orang yang terpaksa jadi UKM, karena tidak diterima pegawai atau tidak diterima masuk perusahaan. Sehingga, ketika mereka terjun jadi UKM, orientasi mereka adalah modal dan uang,” kata Ujang.

Hal ini, menurut Ujang, menjadi persoalan dasar mengapa UKM di Indonesia belum memiliki daya saing yang tangguh. “Jika berbicara soal UKM, terutama cara menyelesaikan permasalahan UKM, maka harus dilihat secara fundamental, salah satunya jaminan pasar dan keberlangsungan produksi.”

Ia mengatakan, jika perbankan ingin menggerakan uang, maka yang mereka butuhkan bukan industri besar, tetapi UKM. “Dan yang dibahas jangan soal agunan. Tapi bantu pemasaran mereka,” ujar wirausaha yang sudah membuat 70 karya marketable itu.

(haw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya