SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Ujian sekolah untuk SD/MI akan dilaksanakan Mei mendatang.

Solopos.com, SOLO – Empat sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah (SD/MI) di Kota Solo akan menginduk atau menggabung ke sekolah lain dalam pelaksanaan Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) 2017 yang dijadwalkan Mei mendatang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Keempat SD/MI tersebut yaitu SD Al Khoir, MI Ahmad Maryam, MI Ta’mirul Islam, dan MI Terpadu Tafidzul Quran Al Maksum (Mittqum).

Hal itu disampaikan Kasi Kurikulum Bidang SD Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo, Rita Nirbaya, saat ditemui wartawan di kantornya, Kamis (9/3/2017).

Dia menyebut dalam US/M nanti, SD Al Khoir bergabung dengan SD Madyataman. Sedangkan ketiga MI akan bergabung dengan MI Negeri (MIN) Banyuanyar.

Rita menjelaskan, alasan menggabung ini karena empat sekolah tersebut belum terakreditasi lantaran belum pernah meluluskan siswa. Tahun ini merupakan kali pertama mereka mengikuti US/M dan meluluskan siswa mereka.

“Syarat akreditasi kan di antaranya sudah meluluskan siswa. Jadi setelah meluluskan siswa, masing-masing sekolah tersebut bisa memroses akreditasinya,” terang Rita.

Meskipun diistilahkan menggabung, Rita menjelaskan, pelaksanaan US/M tetap bisa diikuti siswa di sekolah masing-masing. Menggabung tersebut dalam hal administrasi karena sekolah-sekolah yang menggabung tersebut belum terakreditasi sehingga belum bisa menyelenggarakan US/M sendiri.

Sementara itu, Kepala Disdik Kota Surakarta, Etty Retnowati menambahkan, walaupun bergabung dengan sekolah lain, pihaknya berharap tetap melaksanakan US/M dengan baik.

“US harap dipersiapkan di sekolah masing-masing. Kejujuran dan integritas tetap utama. Semoga hasil US/M baik dan sukses pelaksanaan,” kata Etty. (Septhia Ryanthie).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya