Ujian PMB Jalur Mandiri IAIN Salatiga Digelar Online

Sebanyak 803 calon mahasiswa baru mengikuti ujian Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.
SHARE
Ujian PMB Jalur Mandiri IAIN Salatiga Digelar Online
SOLOPOS.COM - Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri IAIN Salatiga. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA – Sebanyak 803 calon mahasiswa baru mengikuti ujian Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Ujian yang dilaksanakan secara online tersebut digelar selama empat hari, mulai dari Selasa hingga Jumat (6-9/7/2021).

Rektor IAIN Salatiga, Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy, M.Ag. menilai ujian PMB Jalur Mandiri yang dilakukan secara online/daring tersebut telah menunjukkan bahwa IAIN Salatiga telah dan selalu siap untuk melakukan transformasi digital dalam keseluruhan core business-nya sebagai perguruan tinggi, “Ini juga akan menjadi penanda bahwa IAIN Salatiga siap menuju satker PTKIN yang layak untuk meraih Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).”

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan, Prof. Dr. Muh. Saerozi, M.Ag., kebijakan ujian online harus diambil mengingat kasus Covid-19 yang sedang meningkat.

“Awalnya kami memang merencanakan ujian secara offline seperti tahun lalu. Tapi melihat tren kasus Covid-19 yang meningkat akhir-akhir ini, kami harus mengambil kebijakan ujian online. Ini semua adalah upaya untuk melindungi segenap sivitas akademika IAIN Salatiga dan calon mahasiswa baru yang datang dari berbagai tempat di Indonesia,” jelas Prof. Saerozi.

Baca juga: Tekan Laju Persebaran Covid-19, IAIN Salatiga Lockdown

Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Salatiga, Drs. Jumadi mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan Ujian PMB Jalur Mandiri secara maksimal. “Untuk ujian kali ini, kami juga meminta bantuan dari bagian UPT Teknologi Informasi dan Pangkalan Data. Kami juga menyiapkan help desk yang bisa dihubungi calon mahasiswa baru yang mengalami kendala saat mengerjakan.”

Drs. Jumadi menambahkan bahwa calon mahasiswa baru dapat menjadwalkan ujian ulang jika ada kendala teknis yang tidak dapat diantisipasi sebelumnya, “Jika ada kendala di tengah ujian, misalnya aliran listrik padam. Peserta ujian dapat mengajukan penjadwalan ulang. Tinggal konfirmasi saja.”

Baca juga: IAIN Salatiga Sabet Delapan Medali di Ajang IPPBMM 2021

Ujian Jalur Mandiri IAIN Salatiga

Kepala UPT TIPD IAIN Salatiga, Bimo Haryo Setyoko, M.Kom. menjelaskan bahwa ujian PMB Jalur Mandiri 2021 tersebut dikerjakan dengan CAT (Computer Assisted Test) dan bantuan aplikasi Safe Exam Browser serta aplikasi Zoom Meeting.

“Sebelum mengikuti ujian, peserta harus memasang aplikasi SEB di perangkat laptop dan komputer masing-masing. Link dan tata cara instalasi kami sediakan semua di laman resmi IAIN Salatiga, jadi camaba tinggal mengikuti langkah-langkah yang sudah ada,” jelasnya.

Saat mengerjakan ujian peserta harus menyalakan aplikasi zoom meeting, “Selama ujian, peserta akan diawasi melalui aplikasi zoom meeting. Hal ini untuk mencegah terjadinya tindak kecurangan.”

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago