SOLOPOS.COM - UN CBT diuji coba di SMAN 1 Surabaya, Senin (23/3/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Herman Dewantoro)

UN CBT diuji coba di SMAN 1 Surabaya, Senin (23/3/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Herman Dewantoro)

Ilustrasi Ujian Nasional CBT

Ujian Nasional di Jawa Tengah menempatkan SMA N 1 Kota Magelang sebagai peringkat pertama hasil Ujian Nasional (UN) jurusan IPS di Jawa Tengah dengan nilai rata-rata 485,53 dari enam mata pelajaran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

 

Kanalsemarang.com, MAGELANG – SMA Negeri 1 Kota Magelang menempati peringkat pertama hasil Ujian Nasional (UN) jurusan IPS di Jawa Tengah dengan nilai rata-rata 485,53 dari enam mata pelajaran.

Kasubag Program Dinas Pendidikan Kota Magelang Danang Susilanda di Magelang, Kamis (14/5/2015), mengatakan prestasi yang diraih SMA Negeri 1 Kota Magelang jurusan IPS ini meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya menduduki peringkat kedua di tingkat Provinsi Jateng.

Berbeda dengan jurusan IPS yang mengalami peningkatan, di jurusan IPA yang tahun lalu meraih peringkat pertama di tingkat Provinsi Jateng, tahun ini hanya mampu meraih peringkat kedua dengan jumlah nilai rata-rata 490,59.

Menurut Danang, hasil ujian nasional tingkat SMA/SMK/MA di Kota Magelang tahun ini agak mengalami penurunan.

Penurunan hasil UN tersebut terlihat dari jumlah siswa yang meraih nilai 10 di beberapa mata pelajaran mengalami penurunan. Bahkan, sejumlah SMA negeri yang biasa menjadi langganan mendapatkan nilai 10 tersebut mencapai puluhan siswa, kali ini turun.

Ia mencontohkan, SMAN 1 yang tahun lalu jumlah siswa peraih nilai 10 pada UN sebanyak 22 orang, tahun ini hanya lima siswa dari jurusan IPA, yakni masing-masing dua orang untuk mata pelajaran fisika dan kimia serta satu siswa untuk matematika jurusan IPS.

Ia menuturkan, penurunan jumlah peraih nilai 10 dari UN tingkat SMA/SMK/MA tersebut dimungkinkan para siswa menganggap remeh UN, karena hasil UN tidak menentukan kelulusannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya