SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Antara)

Ujian Nasional 2018, seluruh SMP di Solo mengikuti UNBK tahun ini namun belum semuanya mandiri.

Solopos.com, SOLO — Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo memastikan tahun ini semua sekolah menengah pertama (SMP) akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Namun ada 13 SMP yang belum melaksanakan UNBK secara mandiri.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sekolah-sekolah itu akan bergabung dengan sekolah lain dalam pelaksanaan UNBK. Demikian disampaikan Kasi Kurikulum Bidang SMP Disdik Kota Solo, Waliyono, saat dimintai informasi, Senin (5/3/2018).

“Sekolah-sekolah tersebut belum sepenuhnya mandiri karena masih harus melaksanakan UNBK di sekolah lain,” ujar Waliyono. Dia menambahkan UNBK SMP tahun ini akan diikuti sebanyak 11.706 peserta.

Waliyono menjelaskan latihan UN yang telah berlangsung 29 Februari-1 Maret 2018 berjalan lancar. Menurut Waliyono, hal itu didukung dengan kesiapan, termasuk para proktor dan teknisi di 86 sekolah peserta UNBK yang sudah menguasai tugasnya.

“Proktor adalah petugas yang mengurusi tentang teknik pengaplikasian dalam UNBK. Mulai dari sistemnya, password, dan token untuk peserta seupaya bisa membuka komputer saat pelaksanaan UNBK,” jelasnya.

Sementara teknisi, lanjut Waliyono, adalah ahli di bidang teknik komputer. Sehingga saat ada kendala, seperti kerusakan, korsleting, atau aplikasi error teknisi dapat mengatasinya. Keberadaan proktor dan teknisi menjadi satu kesatuan yang menentukan keberhasilan pelaksanaan UNBK.

“Menyukseskan hal tersebut, kami sudah memberikan pelatihan kepada proktor dan teknisi dari seluruh SMP di Kota Solo peserta UNBK. Saat Latihan UN, 86 SMP juga telah menggunakan komputer di sekolah masing-masing. Nanti saat gladi kotor dan gladi bersih, akan dilaksanakan di sekolah yang digabung,” jelasnya.

Pelatihan proktor dan teknisi dipandu instruktur senior dari SMPN 1, Dwi Darmadi dan dari SMPN 4, Sutrino. Dengan materi pelatihan teori dan praktik pengaplikasian UNBK.

Selanjutnya, gladi kotor dan gladi bersih pelaksanaan UNBK dijadwalkan pada 19-20 Maret mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya