SOLOPOS.COM - Aktivitas UNBK di SMPN 1 Grogol, Selasa (2/5/2017). (Trianto Hery Suryono/JIBI/Solopos)

Sejumlah sekolah mencari cara supaya siswa dapat menjalani ujian tepat waktu.

Solopos.com, GROGOL — Ujian nasional tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dijadwalkan berakhir Senin (8/5/2017). Beberapa sekolah menyiapkan antisipasi agar siswa tidak terlambat mengikuti ujian. Seperti yang dilakukan SMPN 1 Grogol, SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo dan MTsN 1 Sukoharjo yang menyiapkan kendaraan khusus dan guru penjemput.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pejabat Humas SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo (Mutuharjo), Mustofa ditemui Solopos.com, Sabtu (6/5/2017), menjelaskan ada dua sekolah jenjang SLTP yang menumpang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Mutuharjo, yakni SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo dan MTsN 1 Sukoharjo.

Menurutnya pelajar kedua sekolah tersebut sudah mengikuti UNBK sejak Selasa lalu hingga berakhir Senin (8/5/2017). “Ada tiga gelombang pelaksanaan UNBK seperti jenjang SLTA kemarin. Dimulai pagi dan berakhir sore sekitar pukul 16.00 WIB. Bedanya dengan peserta UNBK jenjang SLTA, jika UNBK SLTA semua peserta diantar sendiri-sendiri oleh orang tua atau famili siswa tetapi jenjang SLTP ini diantar berombongan,” kata Mustofa.

Dia bercerita dua sekolah yang menumpang UNBK di SMK Mutuharjo memberikan fasilitas tumpangan bagi siswa dengan bus atau sepur kelinci. Menurutnya, setiap hari dan setiap pergantian peserta ujian kendaraan tumpangan telah mengantarkan dan menjemput siswa dari lokasi ujian. “Kami melihat sepur kelinci dan bus disiapkan sekolah penyelenggara mengantarkan siswa-siswinya. Sepur kelinci dan bus juga menjemput anak-anak yang telah selesai mengikuti ujian. Sistemnya siswa ujian gelombang dua atau tiga diantarkan ke sekolah kemudian pulang menjemput pelajar yang telah selesai mengerjakan ujian.”

Terpisah, Kepala SMPN 1 Grogol, Kris Budiyono mengatakan menyiapkan tim sweeping anak didiknya selama UNBK berlangsung. “Tiga guru disiapkan untuk menjemput anak didik yang belum hadir di sekolah di saat jadual ujian. Sekolah menyiapkan ruang transit bagi siswa kemudian guru melakukan pengecekan siswa setengah jam sebelum jam masuk ujian. Jika ada siswa yang belum datang maka tiga guru yang telah disiapkan menjemput siswa tersebut,” katanya.

Kris mengatakan nomor telepon ke-316 siswanya telah dicatat dan menjadi rujukan bagi guru dalam melakukan pengecekan siswa. “Guru sweeping akan menghubungi siswa yang belum hadir di sekolah. Di hari pertama ada satu siswa yang datang mepet waktu masuk sehingga sempat membuat panik guru. Namun semua bisa teratasi dan mengikuti ujian.”

Jadual UNBK SLTP adalah shif pertama jam 07.30 WIB – jam 09.30 WIB, shif kedua dimulai jam 10.30 WIB – jam 12.30 WIB dan shif ketiga dimulai jam 14.00 WIB hingga jam 16.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya