SOLOPOS.COM - Ilustrasi sekolah.(JIBI/Dok)

Ujian Nasional 2017 tingkat SMP siap digelar

Harianjogja.com, KULONPROGO-Master soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) jenjang SMP sudah selesai disiapkan. Tim penyusun pun telah menyerahkannya kepada Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP pada awal pekan kemarin.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Kulonprogo, Sumarsana mengatakan, serah terima master soal USBN dari tim penyusun kepada MKKS SMP dilakukan pada Senin (3/4/2017) lalu.

Ekspedisi Mudik 2024

“MKKS SMP selanjutnya bertanggung jawab mendistribusikan dan menjaga kerahasiaan soal sampai hari pelaksanaan USBN,” ujar Sumarsana, Sabtu (8/4/2017) kemarin.

USBN SMP bakal dilaksanakan pada 17-19 April nanti. Mata pelajaran yang diujikan antara lain Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Pendidikan Agama. Berbeda dengan dua mata pelajaran lain, soal Pendidikan Agama disusun secara khusus oleh tim yang dibentuk Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kulonprogo.

Sumarsana mengapresiasi kinerja seluruh tim penyusun. Menurutnya, master soal USBN SMP diserahkan lebih cepat dua pekan dari jadwal yang ditentukan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Dia lalu berharap USBN tahun ini dapat berjalan lancar dan menjunjung tinggi integritas. “Saya percaya MKKS dan MGMP bisa dipecaya untuk menjaga tanggung jawabnya sampai hari pelaksanaan USBN nanti,” ucap Sumarsana.

Kepala Bidang Pembinaan SMP, Jujur Santosa menambahkan, Pemkab Kulonprogo juga tengah fokus mempersiapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP/MTs 2017. Ujian tersebut bakal dibagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan pada 2, 3, 4, dan 15 Mei 2017, sedangkan gelombang kedua pada 8, 9, 10, 16 Mei 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya