SOLOPOS.COM - Mendikbud Muhadjir Effendy (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Ujian Nasional 2017 untuk jenjang SMP dilaksanakan per hari ini.

Solopos.com, JAKARTA – Hari ini, Selasa (2/5/2017), sebanyak 4.205.337 pelajar dari 56.194 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat di Tanah Air  mulai melaksanakan Ujian Nasional (UN).

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, di Jakarta, Selasa, mengatakan UN tidak lagi memengaruhi kelulusan. Namun, lanjut dia, nilai UN tersebut dilampirkan dalam surat keterangan capaian siswa berupa sertifikat.

Ekspedisi Mudik 2024

“Oleh karena itu, kami berharap para pelajar tetap bersungguh-sungguh mengikuti UN,” ungkap dia.

Mendikbud berharap UN SMP sederajat kali ini dapat dilaksanakan dengan lancar.

“Saya harapkan UN SMP dapat berjalan dengan baik. Jauh dari praktik-praktik kecurangan dan ketidakjujuran,” ujar Muhadjir.

Untuk diketahui, mata pelajaran yang diujikan dalam UN SMP sederajat yakni Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

UN untuk tingkat SMP dilakukan dengan dua tahap yakni tahap pertama pada 2 Mei hingga 8 Mei dan tahap dua pada 9 Mei hingga 16 Mei.

Sebanyak 56.194 sekolah tersebut terdiri dari 45.098 yang menyelenggarakan UN berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) dan 11.096 sekolah yang menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Hanya terdapat dua provinsi menyelenggarakan UNBK untuk tingkat SMP secara keseluruhan yakni DKI Jakarta dan DI Yogyakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya