SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Septhia Ryanthie/JIBI/Solopos)

Ujian kenaikan kelas di SMKN 9 Solo menggunakan sistem berbasis komputer.

Solopos.com, SOLO – Seluruh siswa Kelas X dan Kelas XI SMK Negeri (SMKN) 9 Solo mengikuti Ujian Kenaikan Kelas (UKK) berbasis komputer atau computer based test (CBT) secara bergiliran, Senin (1/6/2015) dan Rabu (3/6/2015).

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Kepala SMKN 9 Solo, Sriyadi, mengemukakan pelaksanaan UKK CBT tersebut tak lepas dari keinginan para siswa yang ingin menjajal penerapan CBT seperti yang pernah dilaksanakan sekolah itu saat Ujian Nasional (UN) 2015.

CBT di SMKN 9 Solo sebelumnya pernah direncanakan untuk pelaksanaan ujian tengah semester (UTS). Namun rencana itu terpaksa dibatalkan karena sekolah tersebut menjadi salah satu korban banjir di Solo, beberapa waktu lalu.

“Banyak siswa Kelas X dan Kelas XI yang berharap bisa mencoba juga CBT dalam pelaksanaan UKK ini sehingga akhirnya bisa kami laksanakan,” ujar Sriyadi saat dihubungi melalui ponselnya, Senin.

Sriyadi menjelaskan pelaksanaan UKK CBT tersebut dimaksudkan untuk melatih dan membiasakan para siswa saat mengikuti UN CBT nantinya.

Ditemui di SMKN 9 Solo, Senin, Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMKN 9, Daryana, menjelaskan UKK CBT tersebut diikuti seluruh siswa Kelas X dan Kelas XI secara bergiliran, khusus untuk dua mata pelajaran, yaitu Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).

 

Pelaksanaan UKK CBT di SMKN 9 menggunakan delapan lab. komputer dengan lebih dari 300 unit komputer yang dimiliki sekolah itu. Sistem CBT menggunakan aplikasi model yang dikendalikan langsung di server sekolah tersebut.

“Memang ada beberapa komputer yang saat ini masih rusak akibat banjir beberapa waktu lalu. Tapi sejauh ini, komputer yang bisa digunakan masih mencukupi untuk per sesi ujian yang bisa diikuti sampai sekitar 240 siswa,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya