SOLOPOS.COM - Calon ketua himpunan Himakom saat memaparkan program unggulannya (Istimewa/Dokumentasi KPRH)

Solopos.com, SOLO — Komisi Pemilu Raya Himakom (KPRH) menyelenggarakan uji publik calon Ketua Himpunan Mahasiswa Komunikasi (Himakom) FISIP UNS periode 2022/2023, Muhammad Arief Mulyawan, secara hybrid pada Kamis (22/12/2022) pukul 09.00 WIB.

Pada uji publik yang digelar secara offline dan online tersebut Arief Mulyawan menyampaikan akan menghadirkan empat program unggulan untuk meningkatkan citra dan relasi Himakom dengan pihak eksternal. Keempat program unggulan tersebut Malam Koneksi, Himakom with You, Magang Mahasiswa Baru, dan Kenal Himakom.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Arief juga menyampaikan visi dan misi sebagai calon Ketua Himakom periode 2022/2023 ada acara uji publik secara offline di Aula Fisip UNS, Kamis pekan lalu. Kegiatan tersebut juga disiarkan secara online melalui kanal YouTube Himakom UNS Solo.

Uji publik menghadirkan dua orang panelis dari mantan pengurus Himakom dan pengurus periode 2022/2023. Mereka Ilman Abdurrahman dari angkatan 2019, Selena Dian dari angkatan 2020, dan Rosy Aqila dari angkatan 2021.

Para panelis memberi pertanyaan terkait isu-isu seputar program studi (Prodi) Ilmu Komunikasi FISIP UNS Solo, seperti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), iklim organisasi, dan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan program studi maupun himpunan.

Ketua Panitia dari KPRH, Fatimah Az Zahro, mengungkapkan tujuan menyelenggarakan uji publik calon Ketua Himakom periode 2022/2023.

“Diharapkan pertanyaan yang diajukan panelis dapat menjadi bahan penilaian teman-teman mahasiswa Ilmu Komunikasi terhadap calon ketua himpunan [cakahim]. Terutama, mengenai pemahaman masalah di lingkungan Ilmu Komunikasi,” tuturnya saat berbincang dengan Solopos.com, Senin (26/12/2022).

Enam Misi

Nah, berikut ini visi, misi, dan program unggulan yang diusung mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2021 tersebut sebagai calon Ketua Himakom periode 2022/2023.

“Di sini saya mengusung visi yaitu Himakom UNS sebagai wadah bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi untuk langkah yang progresif dan apresiatif. Saya menekankan kalau Himakom UNS adalah milik semua mahasiswa Ilmu Komunikasi,” kata Arief saat memaparkan visinya.

Arief menyampaikan enam misi, yakni :

  1. Mengoptimalkan peranan tiap departemen di Himakom UNS dengan berlandaskan profesionalitas dan mengutamakan harmonisasi rumah tangga internal.
  2. Membangun sinergi antarelemen di Ilmu Komunikasi untuk menciptakan lingkungan yang suportif untuk mahasiswa Ilmu Komunikasi UNS.
  3. Membangun relasi dan citra yang baik Himakom UNS dengan pihak eksternal.
  4. Mewujudkan pelayanan advokasi antara mahasiswa dengan program studi Ilmu Komunikasi UNS yang responsif.
  5. Menjadi wadah pengembangan minat dan bakat mahasiswa Ilmu Komunikasi yang apresiatif, kolaboratif, dan inovatif.
  6. Menciptakan sistem kaderisasi yang terstruktur untuk mahasiswa Ilmu Komunikasi demi keberlanjutan Himakom UNS.

Program Unggulan

Terkait program unggulan, Arief mengusung empat hal. Pertama, Malam Koneksi yang merupakan gerbang bagi mahasiswa baru untuk menjadi bagian dari keluarga besar mahasiswa Ilmu Komunikasi UNS.

“Jadi kami menyambut teman-teman. Gimana Ilmu Komunikasi berjalan, situasi, dan kondisi. Lalu, kami bisa saling kenal dan diharapkan bisa menciptakan lingkup nyaman bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi dari berbagai angkatan,” jelas Arief.

Kedua, Himakom with You merupakan pelayanan informasi dan advokasi mahasiswa, khususnya dalam kegiatan akademik. Program ini, tutur Arief, ingin menekankan peran Himakom sebagai jembatan antara mahasiswa dan pihak program studi.

Ketiga, Magang Mahasiswa Baru. Program ini bertujuan mengenalkan internal pengurus Himakom sekaligus menjaga kaderisasi mahasiswa demi keberlangsungan Himakom. Program terakhir, Kenal Himakom.

“Kenal Himakom atau kegiatan eksternal Himakom sesuai dengan misi saya tadi. Ini agar Himakom tidak hanya sebagai organisasi yang berfokus pada internal. Kami juga harus membangun relasi dengan pihak lain karena gak bisa berdisi sendiri,” papar Arief.

“Nah, dari semua program yang saya bawa, saya berharap itu menghasilkan output berupa citra dan relasi antara Himakom dan pihak eksternal,” imbuhnya.

Acara uji publik calon Ketua Himakom periode 2022/2023 ditutup dengan penampilan Gus n Ribs, band dari Ilmu Komunikasi UNS Solo. Agenda berikutnya kampanye calon Ketua Himakom periode 2022/2023 yang berlangsung mulai Minggu-Jumat (25-30/12/2022). Pemilu raya akan diselenggarakan pada Januari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya