SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Uji kompetensi guru (UKG) susulan akan digelar bagi guru yang belum sempat mengikutinya.

Solopos.com, JAKARTA — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyiapkan uji kompetensi guru (UKG) susulan. UKG susulan dipersiapkan sebagai antisipasi bagi guru-guru yang telah terverifikasi untuk mengikuti UKG, tapi pelaksanaannya terkendala.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seperti diketahui UKG saat ini tengah berlangsung secara bertahap pada 9-27 November 2015. UKG Susulan rencananya dijadwalkan pada 7-11 Desember 2015.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Sumarna Surapranata, menuturkan UKG Susulan tersebut disiapkan dengan pertimbangan sejumlah guru kemungkinan terkendala untuk mengikuti UKG sesuai jadwal.

“UKG adalah hak guru. Meski kemungkinan tidak banyak guru yang terkendala, tapi tidak banyak ini bukan berarti tidak apa-apa. Tetap perlu kami antisipasi,” ujar Pranata ketika ditemui Bisnis/JIBI sesuai memantau UKG melalui server di Komisi Pendataan Uji Kompetensi, Kantor Kemendikbud, Jakarta, Selasa (10/11/2015).

UKG susulan tersebut menurut dia dialokasikan untuk guru yang terkendala karena tengah mengikuti pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG), studi banding kepala sekolah, diklat, ataupun pendidikan S2.

Guru-guru yang terkendala mengikuti UKG juga karena jadwal ujiannya yang telah ditentukan berbentrokan dengan jadwal simposium guru, ataupun prajabatan. Selain itu, UKG susulan juga sebagai antisipasi jika guru terkendala karena jatuh sakit, dalam masa cuti, kesalahan verifikasi mata pelajaran, hingga guru yang tidak bersedia ujian karena mendekati masa pensiun.

“11 Kategori ini yang kami antisipasi dengan UKG susulan,” ujarnya. Saat ini belum diketahui jumlah guru yang kemungkinan berhalangan mengikuti UKG sesuai jadwal. Menurut Pranata, karena pihaknya masih melakukan pendataan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya