SOLOPOS.COM - Suasana uji kir kendaraan di Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Kulonprogo, Wates, Kulonprogo, pada Selasa (18/1/2022). (Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo)

Solopos.com, KULONPROGO — Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan (Dishub) Kulonprogo memberikan pelayanan uji kir kendaraan menggunakan skema cashless atau nontunai.

Dishub Kulonprogo melakukan upaya tersebut untuk mendukung digitalisasi pelayanan kepada masyarakat. Kepala Dishub Kulonprogo, Lucius Bowo Pristiyanto, mengatakan sudah menyosialisasikan mekanisme pembayaran nontunai sejak tiga bulan lalu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Begitu diumumkan beberapa waktu lalu melalui media sosial bahwa pembayaran uji kir hanya dilaksanakan secara cashless, masyarakat langsung beradaptasi. Hal tersebut karena teknologi informasi ini sudah menyebar, jadi informasi tersebar cepat,” kata Lucius Bowo, Selasa (18/1/2022).

Baca Juga : Tak Perlu Antre, Urus Uji Kir Kendaraan di Sukoharjo Kini Bisa Online

Masyarakat dapat melakukan pembayaran uji kir kendaraan secara nontunai melalui sejumlah cara, yakni melalui ATM maupun menggunakan uang elektronik.

“Secara perlahan sudah ada peralihan dari konvensional ke elektronik ya. Menu pilihan pembayaran juga semakin beragam. Seperti, menggesek ATM maupun dengan menggunakan uang elektronik, seperti Gopay,” jelas dia.

Lucius Bowo juga menyebut program pembayaran nontunai juga mendukung transparansi dan upaya merealisasikan clean and good governance (pemerintahan bersih dan baik).

Baca Juga : Di Karanganyar, Uji Kir Wajib Protokol Covid-19

Tak hanya itu, skema pembayaran nontunai diharapkan mengintegrasikan data kir kabupaten dengan pusat. “Dari sisi data juga bisa koreksi atau cek secara real time. Misalnya, truk membayar langsung bisa terdeteksi,” tutur dia.

Ia menyebut rata-rata 45 kendaraan di Kulonprogo melaksanakan uji kir per hari. Bupati Kulonprogo, Sutedjo, mengatakan pembayaran uji kir kendaraan nontunai sebagai upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo memudahkan masyarakat.

“Hari ini kami luncurkan pembayaran melalui nontunai. Harapannya mampu terlaksana cepat dan maksimal. Kami berharap masyarakat semakin antusias melakukan uji kir dan tepat waktu,” ungkap Sutedjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya