SOLOPOS.COM - Gerbang tol Salatiga. (Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

Solopos.com, JAKARTA–Uji coba transaksi jalan tol nirsentuh atau multi lane free flow (MLFF) akan dilakukan pada Januari 2023.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan uji coba implementasi MLFF masih menemui sejumlah hambatan-hambatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kita akan trial pertama di awal tahun depan,” ujarnya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi V DPR, Rabu (14/9/2022).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit menjelaskan pada saat ini pihaknya tengah mempersiapkan aplikasi Cantas versi pertama yang akan segera dirilis pada Oktober, namun untuk versi tersebut belum dapat diunduh oleh publik.

Baca Juga: Asosiasi Jalan Tol Tunggu Uji Coba MLFF

Pada versi pertama, aplikasi tersebut akan dilakukan uji coba ketepatan membaca lokasi pengguna untuk menentukan apakah jalan yang dilalui merupakan jalan tol atau tidak.

“Di versi pertama map matching memastikan bahwa rute yang kita gunakan terdeteksi, yang kedua bisa membedakan antara tol dan nontol,” ujar dia.

Sementara itu, versi kedua aplikasi Cantas akan mulai diluncurkan pada Desember yang sudah dapat diunduh oleh seluruh masyarakat untuk semua jenis ponsel pintar.

Baca Juga: Akhir 2022 MLFF Jalan Tol Diuji Coba, Begini Saran Mabes Polri

Pada versi kedua tersebut, pengguna aplikasi sudah dapat mengetahui penghitungan jarak tol yang ditempuh dan estimasi biaya yang harus dibayarkan oleh pengguna.

“Versi pertama Oktober, versi kedua Desember, rilis pertama Januari lah kalau kita mau aman, masyarakat sudah mulai bisa download baik IoS maupun Android,” jelasnya.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Uji Coba Tol Nirsentuh MLFF Mulai Januari 2023

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya