[x] close
Uji Coba PTM Wonogiri: SMAN 1 Dilanjutkan, SDN 2 Baturetno Masih Tertunda
Solopos.com|soloraya

Uji Coba PTM Wonogiri: SMAN 1 Dilanjutkan, SDN 2 Baturetno Masih Tertunda

Uji coba pembelajaran tatap muka atau PTM SMAN 1 Wonogiri akhirnya dilanjutkan kembali mulai Senin (12/4/2021).

Solopos.com, WONOGIRI -- Uji coba pembelajaran tatap muka atau PTM SMAN 1 Wonogiri kembali dilanjutkan Senin (12/4/2021). Namun jumlah peserta kurang dari setengah siswa yang dijadwalkan mengikuti PTM.

Pada sisi lain, uji coba PTM SDN 2 Baturetno masih belum digelar. Uji PTM itu digelar setelah SMAN 1 Wonogiri mendapatkan rekomendasi dari Satgas Covid-19 Wonogiri.

Saat awal Ramadan, Selasa (13/4/2021) dan Rabu (14/4/2021), PTM diliburkan. Uji coba PTM bakal dimulai kembali pada Kamis (15/4/2021). Mulainya PTM itu juga telah dikoordinasikan dengan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Jawa Tengah.

Baca Juga: Beredar Info Uji Coba PTM Wonogiri Dihentikan Total, Ini Penjelasan Bupati Jekek

"Sabtu kami sudah melakukan persiapan sembari menunggu surat rekomendasi. Karena kami sudah mendapatkan informasi PTM diperbolehkan. Surat rekomendasi kami peroleh Minggu [11/4/2021] malam," kata Kepala Sekolah SMAN 1 Wonogiri, Endang Sunarsih, kepada wartawan, Senin (12/4/2021).

Ia berterima kasih kepada Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Satgas Penanganan Covid-19 Wonogiri, dan orang tua siswa yang mengizinkan anak mereka untuk mengikuti uji coba PTM.

Bahan Evaluasi

Uji coba PTM akan menjadi bahan evaluasi dan pengalaman bagi sekolah jika nanti PTM diperluas dengan jumlah siswa yang lebih banyak. Endang mengatakan sebagian besar siswa di SMA Negeri 1 Wonogiri yang dijadwalkan mengikuti uji coba PTM tidak masuk pada hari pertama itu.

Baca Juga: Hasil Tes Keluarga Siswa Negatif Covid-19, Uji Coba PTM di SMAN 1 Wonogiri Dilanjutkan?

Dari 103 siswa kelas X yang dijadwalkan menjalankan uji coba, hanya 44 orang yang hadir pada hari pertama mulainya kembali uji coba PTM sekolah tersebut.

Siswa yang tidak mengikuti uji coba PTM, katanya, karena khawatir tertular Covid-19. Endang lantas membuat video uji coba PTM sekolah untuk para siswa dan wali siswa. Video itu berisi pelaksanaan uji coba PTM dengan protokol kesehatan ketat. Tujuannya agar kekhawatiran siswa dan orang tua hilang.

"Yang sangat penting saat uji coba PTM itu membiasakan anak-anak mengikuti protokol kesehatan. Begitu juga bagi guru dan karyawan sekolah. Saat awal pelajaran guru bisa mematuhi protokol kesehatan dan menjadi agen perubahan," kata Endang.

Baca Juga: Siswa SMAN 1 Wonogiri Positif Covid-19 Setelah Nyinom, Pengawasan Hajatan Warga Diperketat

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Jawa Tengah, Suratno, mengatakan adanya rekomendasi dari Satgas Covid-19 Wonogiri untuk membuka kembali uji coba PTM menjadi dasar berlanjutnya PTM SMAN 1 Wonogiri. Sehingga sudah sesuai dengan standard operating procedure atau SOP.

Kekhawatiran

Menurutnya, orang tua murid berhak untuk tidak mengizinkan anaknya mengikuti uji coba PTM. Mayoritas orang tua sudah mengirimkan surat kepada wali kelas sehingga tidak ada masalah. Karena kekhawatiran dari siswa dan orang tua pasti ada.

Namun, ia berharap para orang tua siswa mendukung uji coba PTM. Salah satunya dengan kepedulian orang tua untuk memahamkan anak-anak agar taat dengan protokol kesehatan mulai berangkat sekolah hingga pulang dari sekolah.

Baca Juga: Uji Coba PTM SMAN 1 Wonogiri Akhirnya Ditunda Setelah 1 Siswa Positif Covid-19

"Kami mengapresiasi Satgas Penanganan Covid-19 Wonogiri yang ikut memotivasi dan meningkatkan komitmen seluruh warga sekolah dalam menjalankan uji coba PTM. Karena itu, komitmen untuk membangun protokol kesehatan secara disiplin harus dibangun bersama dan dilakukan setiap hari," kata Suratno.

Sementara itu, uji coba PTM SDN 2 Baturetno masih tertunda. "Masih ditunda PTM di sana [SDN 2 Baturetno]" kata Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wonogiri, Sriyanto.

Seperti diketahui, uji coba PTM SDN 2 Baturetno belum dilakukan sama sekali karena sebelum pelaksanaan ada satu guru di sekolah itu yang terpapar Covid-19. Sementara uji coba PTM SMAN 1 Wonogiri ditunda karena pada hari pertama uji coba terdapat siswa yang dinyatakan positif Covid-19.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago