SOLOPOS.COM - Uji coba KA Bandara Solo di jalur antara Stasiun Kadipiro dan Stasiun Bandara Adi Soemarmo, Rabu (25/12/2019). (Istimewa/Ditjen Perkeretapian)

Solopos.com, SOLO -- Kereta Api (KA) Bandara Solo yang menghubungkan Stasiun Solo Balapan dengan Bandara Adi Soemarmo telah diuji coba pada Rabu (25/12/2019). Uji coba ini dilakukan di jalur baru, yakni dari Stasiun Kadipiro menuju Stasiun Bandara Adi Soemarmo.

Informasi uji coba KA Bandara Solo ini dikonfirmasi oleh Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Tengah. Sejumlah video uji coba KA Bandara tersebut juga telah beredar di media sosial.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Untuk uji coba jalur KA menggunakan lokomotif dan rangkaian hari ini, Rabu [25/12/2019]. Sebelumnya pada Selasa [24/12/2019] didahului dengan uji coba menggunakan lori dresin milik PT KAI Daop 6 Yogyakarta," kata anggota Staf Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah, Dheky Martin, Rabu, melalui pesan Whatsapp.

Budiman Sudjatmiko Unggah Meme Yesus Bertemu Jokowi, Ini Pesannya

Dalam uji coba tersebut, turut serta Direktur Jenderal Perkeretaapian, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan KA Ditjen Perkeretaapian, dan Kepala Daop 6 Yogyakarta. Uji coba itu dilakukan untuk memastikan kondisi prasarana dalam kondisi siap sebelum dioperasikan untuk publik.

Untuk sementara, uji coba KA Bandara Solo baru dilakukan hari ini. Sedangkan uji coba lanjutan masih menunggu hasil evaluasi uji coba tahap pertama. Dalam uji coba kali ini, KA Bandara melaju dengan kecepatan 80 km/jam. Menurut Dheky, lamanya waktu uji coba lanjutan masih bisa berubah sesuai kebutuhan.

"Uji coba dengan kecepatan 80 km/jam dengan hasil baik, menempuh waktu 12 menit dari Stasiun Kadipiro ke Stasiun Bandara Adi Soemarmo," kata dia.

Karier Perwira Geng Solo Moncer di Era Jokowi? Ini Reaksi Mabes Polri

Dalam uji coba pertama, KA Bandara berangkat dari Stasiun Solo Balapan melalui jalur rel yang sudah ada sebelumnya menuju Stasiun Kadipiro. Dari sana, perjalanan diteruskan menuju Stasiun Bandara Adi Soemarmo sejauh berjarak 9,7 km.

"Dari Stasiun Solo Balapan menggunakan trek existing yang ditingkatkan sampai dengan Stasiun Kadipiro yang merupakan jalur aktif. Penekanan uji coba lebih ke lintas Stasiun Kadipiro-Stasiun Bandara Adisoemarmo karena merupakan jalur baru yang menggunakan struktur baru dan pertama kali dipakai di kereta api yaitu Slab on Pile (SOP).

 

View this post on Instagram

 

#SahabatDJKA berikut update progres pembangunan jalur KA Bandara Adi Soemarmo Solo yang kini sedang dilaksanakan uji coba track dengan menggunakan Lokomotif dan rangkaian KRDE pada lintas Stasiun Kadipiro - Stasiun Bandara Adi Soemarmo. Serangkaian uji coba dilaksanakan guna memastikan keamanan jalur KA tersebut sebelum siap untuk dioperasikan dalam waktu dekat. @kemenhub151 @budikaryas @satker_ka_jateng #nataruasyiklancarselamat #LiburNataru2019 #Nataru2019 #perkeretaapian #penghubungindonesia #kabandaraBIAS

A post shared by DitjenPerkeretaapian (@ditjenperkeretaapian) on

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya