SOLOPOS.COM - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memberikan sambutan pada acara Tanam, Panen, dan Serap Gabah di Desa Wanareja, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, Jateng, Jumat (10/3/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Sumarwoto)

Menteri Pertanian melakukan uji coba ekspor beras dengan mengirim 25 ton ke Malaysia.

Solopos.com, SANGGAU — Menteri Pertanian Amran Sulaiman melepas 25 ton beras ke Malaysia di Desa Tunggal Bhakti, Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Jumat (20/10/2017).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ini merupakan uji coba dari rencana ekspor beras 140.000 ton ke Negeri Jiran itu. Beras itu dilepas dengan harga 2,5 ringgit per kg melalui PT Gema Supra Abadi.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyampaikan Kabupaten Sanggau disiapkan untuk memenuhi pasar beras Malaysia. Dia menyebut Malaysia mengimpor sekitar 1 juta ton setiap tahun dari Vietnam dan Thailand.

Menurutnya, ini menjadi potensi pasar bagi Sanggau. Apalagi, dia mengklaim Jawa dan sulawesi selatan telah mampu mencukupi kebutuhan nasional. “Tapi yang berada di perbatasan berorientasi untuk ekspor. Ini yang kita dorong untuk ekspor pertanian organik ke negara tetangga,” imbuhnya.

Pemilik PT Gema Supra Abadi Fikri Fadel Muhammad mengatakan beras yang dikirim merupakan kualitas premium sehingga harganya bisa lebih tinggi dari Vietnam dan Thailand yang sekitar 1,4 – 1,8 Ringgit per kg. Beras ini banyak dipasok dari Kabupaten Sanggau dan Sambas, Kalimantan Barat.

“Vietnam dan Thailand bisa jual murah karena menjual white rice biasa. Kita jual white price premium, maka harganya bisa lebih tinggi,” kata dia.

Fikri mengatakan jenis beras dalam ujicoba ini biasa digunakan untuk konsumsi hotel dan para raja. Dia juga optimis uji coba 25 ton ini akan berlanjut. “Total kebutuhan mereka dari impor 700.000 ton per tahun,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya