SOLOPOS.COM - Ilustrasi ujian SIM (JIBI/Solopos/Antara/Syaiful Arif)

Solopos.com, WONOGIRI – Satlantas Wonogiri menyiapkan lokasi dan program khusus menjelang diberlakukannya tes psikologi untuk pemohon SIM. Program latihan dijamin gratis ini untuk memfasilitasi bagi siapapun yang ingin mengajukan permohonan SIM.

“Tes psikologi diterapkan bagi pemohon baru atau perpanjangan SIM C dan A. Membuat SIM memang tak mudah. Bagi calon pemohon SIM C bisa latihan ujian praktik di Markas Satlantas Wonogiri setiap Rabu sore, gratis. Siapa pun boleh mengikuti. Kebijakan ini kami berlakukan mulai 2019 lalu,” ucap Iptu Tarto mewakili Kasatlantas Polres Wonogiri, AKP Hendrie Suryo Liquisasono.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ingat! Tes Psikologi Pencari SIM Berlaku Se-Jateng, Bukan Cuma Solo

Kanitregiden Satlantas Wonogiri itu didampingi Baur SIM, Aiptu Agus Bhakti, saat ditemui di Markas Satlantas Wonogiri, Kamis (13/2/2020). Pihaknya mulai mempersiapkan tempat untuk tes psikologi para pencari SIM.

Lokasi tes psikologi para pencari SIM di Wonogiri kemungkinan besar akan satu kompleks dengan tempat tes psikologi SIM B semua kategori yang sudah diterapkan sejak lama.

Bikin dan Perpanjang SIM di Solo, Wajib Ikut Psikotes

Karena tes psikologi melibatkan pihak luar, maka akan ada tambahan biaya seperti halnya biaya uji KIR dan tes psikologi SIM B. Terkait teknis pelaksanaan tes psikologi secara tertulis atau menggunakan komputer, Satlantas Polres Wonogiri masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari Polda Jateng.

Diberitaka Solopos.com sebelumnya, Polda Jawa Tengah (Jateng) bakal memberlakukan tes psikologi untuk pemohon surat izin mengemudi (SIM). Aturan ini sebenarnya sudah lama ada namun baru diterapkan di beberapa jenis SIM saja.

Berlaku di Solo, Ini Bocoran Tes Psikologi Pemohon SIM

Aturan ini bakal berlaku mulai Senin, 24 Februari 2020. “Pemohon SIM harus sehat jasmani dan rohani, kalau jasmani kan sudah harus lulus kir dokter sedangkan kalau rohani harus lulus ujian psikotes,” ujarnya mewakili Kapolresta Solo, Kombes Pol Andy Rifai, sebagaimana dilaporkan wartawan Solopos, Ichsan Kholif Rahman, Selasa (11/2/2020).

Ujian psikologi dilaksanakan oleh pihak di luar Satlantas Polresta Solo.

Per Tanggal Ini, Pemohon SIM di Satpas Polresta Solo Wajib Lulus Tes Psikologi

Sehingga, standar kelulusan seperti tingkat batas emosi seseorang psikolog yang lebih mengetahui. Apabila pemohon tidak lulus ujian maka akan ada catatan yang harus diperbaiki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya