Uji Coba Flyover Purwosari Solo: Bus Panjang 14 Meter Aman Bermanuver Lewat Bawah Jembatan
Solopos.com|soloraya

Uji Coba Flyover Purwosari Solo: Bus Panjang 14 Meter Aman Bermanuver Lewat Bawah Jembatan

Pemkot Solo dan instansi terkait lainnya mengadakan uji coba operasional flyover Purwosari, Solo, sebelum dibuka untuk umum.

Solopos.com, SOLO -- Pelaksana proyek pembangunan flyover Purwosari Solo dan sejumlah instansi terkait menggelar uji coba internal jembatan layang itu pada Kamis (17/12/2020) pagi dan malam.

Uji coba dilakukan sebelum jalur tersebut dibuka untuk umum pada 21-26 November. Kendaraan yang ikut uji coba tersebut, meliputi sepeda motor, mobil, bus (sedang), bus besar, hingga truk.

Kasi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Mudo Prayitno, mengatakan tujuan uji coba adalah memastikan fungsi konstruksi utama jalan layang. Khususnya dalam mengakomodasi pergerakan kendaraan.

8 Hari Setelah Coblosan Pilkada 2020, Belum Ada Laporan Jajaran KPU & Bawaslu Solo Terpapar Covid-19

Dari hasil pengamatan sementara saat uji coba, konstruksi utama maupun frontage atau jalan di bawah flyover Purwosari Solo layak untuk dilalui berbagai jenis kendaraan.

“Bus panjang 14 meter bisa bermanuver dengan aman di frontage flyover. Evaluasi akan dilakukan setelah uji coba malam. Kondisi berkendara saat pagi dan malam tentu berbeda, terkait visibilitas atau jarak pandang pengendara. Bagaimana kelayakan lampu penerangannya, sangat berpengaruh terhadap keselamatan,” ucapnya, Kamis pagi.

Bahan Evaluasi

Mudo mengatakan uji coba pada 21-26 November juga bakal menjadi bahan evaluasi. Terlebih, pelaksana proyek masih merampungkan pekerjaan hingga Januari 2021.

Korban Meninggal Dalam Tabrak Lari Depan Mal Solo Square Pria 68 Tahun Warga Kalikobok Sragen

Uji coba flyover Purwosari Solo hanya berlangsung enam hari, kemudian jalur tersebut tutup kembali. Untuk sementara, kendaraan berat seperti truk besar dan kontainer belum boleh melintas saat uji coba enam hari tersebut.

“Rute mereka tidak dilewatkan sana [flyover]. Kami juga masih memikirkan rute ke depan kalau nantinya sudah boleh melintasi flyover. Jl Perintis Kemerdekaan belum ada perubahan rekayasa lalu lintas mengingat kondisinya yang belum mampu,” jelas Mudo.

Mudo menambahkan kendaraan berat masih lewat underpass Makamhaji. Keputusan akhir mengenai hal itu akan menunggu evaluasi selanjutnya, termasuk uji coba flyover Purwosari pada 21-26 Desember nanti.

Kebijakan Karantina Pemudik Solo Berubah Lagi, Pemkot Batal Bikin Posko di Terminal dan Stasiun

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.6 Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah 1 Jawa Tengah, Alik Mustakim mengatakan flyover Purwosari memiliki panjang 700 meter dengan jalan pendekat 228 meter (barat) dan 272 meter (timur).

2 Lajur

Jarak dari simpang tiga Kerten sampai simpang empat Purwosari sekitar 1 kilometer. Lebar badan jalan flyover terdiri dua lajur dan dua arah tak terbagi, hanya berupa pembagi dobel markah dan paku reflektor.

Kabar Duka: Mantan Bupati Boyolali Djaka Srijanta Meninggal Dunia

Alik menerangkan sesuai kontrak pembangunan flyover Purwosari selesai 100 persen pada 31 Maret 2021. Namun, ia berupaya menyelesaikan pembangunan jalan layang tersebut secepatnya.

“Soal nantinya kendaraan apa saja yang boleh melintas masih tergantung kebijakan Pemkot. Info yang kami terima masih tidak ada kendaraan lebih dari dua sumbu yang boleh lewat flyover,” katanya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago