[x] close
top ear
Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta (ugm.ac.id)
  • SOLOPOS.COM
    Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta (ugm.ac.id)

UGM Yogyakarta Masih Buka Jalur Mandiri, Catat Ini Syaratnya

Pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur mandiri di UGM akan mengombinasikan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020, nilai rapor, dan kriteria lain.
Diterbitkan Selasa, 4/08/2020 - 19:01 WIB
oleh Solopos.com/Newswire
2 menit baca

Solopos.com, JAKARTA – Sembari menantikan pengumuman ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), para lulusan SMA/SMK sederajat bisa mengisi waktu sambil mendaftarkan diri lagi untuk ikut ujian mandiri di universitas yang diinginkan. Salah satu yang masih buka adalah Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

UGM masih membuka seleksi mandiri melalui jalur Ujian Tulis (Utul). Namun, pandemi Covid-19 membuat ujian tulis pada tahun ini tidak akan dilakukan secara tertulis. Pendaftarannya dilakukan secara daring mulai 15 Juli 2020 – 10 Agustus 2020.

Mengutip um.ugm.ac.id, jalur seleksi ini akan mengombinasikan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020, nilai rapor, dan kriteria lain. Jalur ini bisa diikuti lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat 2020, 2019, dan 2018 untuk mengikuti seleksi dengan memilih 3 (tiga) program studi pada Program Diploma IV/Sarjana Terapan dan/atau Program Sarjana.

Ini Makna Angka 7 dan 5 di Logo HUT ke-75 Kemerdekaan RI

Adapun, syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mengikuti seleksi jalur ini di UGM yaitu:

1. Warga Negara Indonesia;

2. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2020, 2019, dan 2018

3. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2020 harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi tanda tangan kepala sekolah/pimpinan dan cap/stempel dari sekolah/lembaga penyelenggara paket C yang sah atau ijazah (apabila sudah ada)

Mutasi Besar-Besaran, Kapolri Ganti Delapan Kapolda, Ini Daftarnya...

4. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2019 dan 2018 harus memiliki ijazah

5. Mengikuti dan mempunyai nilai UTBK Tahun 2020

6. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.

Wow! Pemkab Karanganyar Beli Produk UKM & Dibagikan ke Masyarakat

 

Pendaftaran Rp250.000

Lebih lanjut, pendaftaran bisa dilakukan dengan membuat akun pendaftaran melalui laman um.ugm.ac.id/admisi dan login ke laman tersebut. Kemudian, calon peserta diminta memilih tiga program studi pada Program Diploma IV/Sarjana Terapan dan/atau Program Sarjana.

Setelah itu, calon peserta akan diminta mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang menjadi syarat, kemudian mengunci data untuk memperoleh kode pembayaran.

Selanjutnya peserta harus membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-payment di bank yang sudah ditunjuk yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, Bank Syariah Mandiri (BSM), BNI Syariah, BPD DIY, dan CIMB NIAGA.

Tidak Pakai Masker, ASN di Jateng Bisa Kena Potong Gaji

Untuk biaya pendaftaran, baik untuk seleksi kelompok Saintek, Soshum, dan Campuran seluruhnya akan dikenakan biaya yang sama yaitu Rp250.000. Setelah melakukan seleksi, hasil seleksi akan diumumkan pada 27 Agustus 2020 mendatang.


Editor : Profile Haryono Wahyudiyanto
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com


berita terkait

    berita terpopuler

    Iklan Baris

    Properti Solo & Jogja

    berita terkini