Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

UDB Solo Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa di Bidang IoT, Begini Caranya

Program Studi S1-Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Duta Bangsa (UDB) Solo berupaya meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang IoT.
SHARE
UDB Solo Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa di Bidang IoT, Begini Caranya
SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO-Program Studi S1-Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Duta Bangsa (UDB) Solo berupaya meningkatkan kompetensi mahasiswa melalui workshop bidang IoT di Solo Grand City Hotel. Kegiatan ini diadakan selama tiga hari dengan enam narasumber praktisi bidang IoT.

Tren IoT atau yang dikenal Internet of Things telah mendorong dinamika serta pola pikir inovasi dan ekonomi global. Hakekatnya, teknologi IoT ini menyediakan komunikasi dan transfer data beberapa perangkat sistem dengan manusia. Ke depan, IoT akan terus berkembang seiring tumbuhnya smartphones dan jaringan internet saat ini yang semakin cepat. Terlebih, IoT telah membawa dampak positif di dunia bisnis Indonesia sejak awal pandemi Covid-19.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Materi workshop untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa UDB Solo meliputi Application Mobile IoT, Sistem Edge IoT, dan Development Kit IoT.  Sedangkan narasumber dari PT Karya Merapi Teknologi yaitu Ashif Hujjatul Islami, S.P, Yutiman, Ami Windiyarti, Syafanida Khakiki, Rino Dwi Cahyono, dan Manaf Yuri Isnansyah.

Baca Juga: Mahasiswa Fakultas Hukum dan Bisnis UDB Solo Kunjungi Griya Solopos

Kegiatan UDB Solo ini diikuti 40 mahasiswa. Para peserta workshop merasa senang karena dapat praktek secara langsung membuat prototipe project IoT. Project IoT yang dikerjakan bertemakan smartcity mulai dari konfigurasi software, hardware dan firmware secara wireless maupun LoRa antenna.

Rektor UDB, Dr. Singgih Purnomo, MM, berharap mahasiswa sungguh-sungguh serta memanfaatkan betul workshop IoT sebagai bekal keahlian ketika lulus nanti. Pelaksanaan workshop IoT ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Program Kompetensi-Kampus Merdeka (PK-KM) tahun 2022.

Baca Juga: Wisudawan UDB Solo Didorong Tak Lelah Belajar

Selanjutnya, mahasiswa akan mengikuti magang dalam kurun waktu satu semester di perusahaan yang bergerak dalam bidang IoT. Selain itu menyiapkan mahasiswa mengikuti kejuaraan bidang IoT tingkat nasional.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode