Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Ucapan Selamat Hari Pramuka, Cocok untuk Perayaan 14 Agustus 2022

Berikut ini sejumlah ucapan selamat Hari Pramuka yang bisa kamu berikan kepada teman-teman atau kakak pembina.
SHARE
Ucapan Selamat Hari Pramuka, Cocok untuk Perayaan 14 Agustus 2022
SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pramuka Indonesia. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Tak ada salahnya menyiapkan aneka ucapan selamat Hari Pramuka yang akan diperingati pada 14 Agustus 2022 mendatang. Agar peringatan Hari Pramuka semakin berkesan, simak ulasan berikut ini.

Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana. Nah sedikit sejarah tentang Pramuka, bahwa Pramuka merupakan organisasi kepanduan yang dipelopori oleh seorang tentara Inggris yang bernama Lord Roberth Stephenson Smyth Boden Powel.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Di Indonesia juga awalnya tidak langsung diterima begitu saja, banyak berbagai cobaan dan celaan dari berbagai pihak, namun gerakan kepanduan tersebut mulai dipelopori oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan ditetapkan resmi berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 238 tahun 1961 kemudian resmi dikenalkan kepada masyarakat pada tanggal 14 Agustus 1961. Nah dari tanggal inilah kemudian dijadikan sebagai Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka Indonesia

Berikut ini ucapan selamat Hari Pramuka yang dikutip dari berbagai sumber, Kamis (11/8/2022):

1. “Pramuka Merekatkan bukan Meretakkan, Selamat Hari Pramuka”

Kalimat singkat ini merupakan tema Hari Ulang Tahun Pramuka pada tahun 2018, kalimat tersebut mengandung makna bahwa gerakan Pramuka merupakan suatu organisasi yang mampu menumbuhkan semangat dan jiwa persatuan di kalangan generasi muda.

Baca Juga: Keren! 44 Pembina Pramuka Boyolali Peroleh Lencana Pancawarsa

2. “Pada detik-detik yang menyengsarakan, jangan pernah kehilangan harapan. Ingat hujan lebat dihasilkan dari mendung yang gelap. Salam Pramuka”

Kamu sebagai kaum muda jangan pernah menyerah dalam belajar dan berkarya, semua yang Kamu lalui dengan penuh perjuangan, akhirnya akan membuahkan hasil yang menyenangkan.

3. “Semangat kepramukaan tetap bergelora, ciptakan suasana persaudaraan dan saling menghargai. Selamat Hari Pramuka”

Setiap hari jiwa Pramuka harus selalu dikobarkan, jiwa yang mempunyai semangat persatuan dan kesatuan tanpa membedakan asal dan pangkat. Karena kita semua sama yang terpenting adalah saling menghargai.

Baca Juga: Selamat! 16 Siswa SMP/MTs Boyolali Ikuti Jamnas Pramuka di Jakarta

4. “Riang Gembira dan Pantang Putus Asa, Itulah jiwa Pramuka”

Ucapan selamat Hari Pramuka ini memiliki makna bahwa Pramuka memang dikenal sebagai organisasi yang kegiatannya hanya bernyanyi meskipun  sebenarnya tidak demikian. Gerakan Pramuka selalu menggunakan pendekatan yang menyenangkan seperti bernyanyi dan tepuk-tepuk, tak heran bahwa Pramuka memang selalu gembira dan pantang putus asa.

5. “Bersama membangun bangsa Indonesia, jayalah Indonesia, Satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan, Salam Pramuka!”

Dengan semangat kebersamaan yang berpedoamn pada Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka mampu menjadikan bangsa Indonesia selalu jaya.

Baca Juga: Hari Baden Powell, Pramuka Boyolali Tanam Pohon dan Tebar Bibit Lele

6. “Jadikan Pramuka sebagai kegiatan dalam menyiagakan, menggalang, dan menegakkan persatuan pemuda-pemudi sebagai generasi cerdas pemimpin bangsa, Selamat hari ulang tahun Pramuka”

Seperti tingkatan gerakan Pramuka ada siaga, penggalang dan penegak semoga tingkatan tersebut mampu memberikan kontribusi kepada negara untuk turut membangun bangsa Indonesia yang berkemajuan

7. “Menjadi keren dengan ikut organisasi Pramuka, Selamat Hari Pramuka”

Baca Juga: Kwarcab Boyolali Targetkan Cetak 1.500 Pramuka Garuda dan 1.000 Pembina

Ucapan selamat Hari Pramuka berikutnya memiliki makna bahwa mengikuti gerakan kepanduan ini bisa membuat kita keren. Karena ilmu dan pengalaman yang didapatkan sangat banyak. Nah kalimat tersebut bisa digunakan untuk memberikan ucapan ulang tahun Pramuka sekaligus mengajak teman-teman yang lain ikut di kegiatan kepanduan.

8. “Sebaik-baiknya manusia ialah dia yang mampu menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang-orang yang ada di sekitarnya. Selamat Hari Pramuka!”

9. “Tinggi moral kuat mental. Manusia pantang menyerah. Tegar jiwanya berpegang teguh pada satya dan dharmanya.”

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode