Solopos.com, SOLO — Seorang penjaga sekolah di SDN Lojiwetan di Kedunglumbu, Pasar Kliwon, Solo, Samin, 53, harus menelan pil pahit saat mendapati uang simpanannya rusak dimakan rayap. Tak tanggung-tanggung, uang yang rusak berkeping-keping itu nilai mencapai kurang lebih Rp50 juta.

Peristiwa itu diketahui pada Selasa (13/9/2022) pagi dan beredar melalui grup-grup Whatsapp. Samin mengatakan tidak semua uang tabungannya yang berjumlah Rp100 juta rusak dimakan rayap. Masih ada uang yang berhasil diselamatkan dan masih utuh senilai Rp49,8 juta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Susun Serpihan Uang Dimakan Rayap, Petugas BI Solo Lembur sampai Tengah Malam

Pantauan Solopos.com, Selasa (13/9/2022), uang yang rusak dimakan rayap dimasukkan ke dalam dua kardus. Uang yang rusak itu pecahan Rp100.000 dan Rp50.000. Uang itu disimpan di celengan plastik selama sekitar 2,5 tahun.

Celengan plastik itu diletakkan di rak buku di ruang tengah rumahnya. Saat membuka celengan pada Selasa pagi itu, Samin terperanjat lantaran uang simpanannya hancur dimakan rayap.

Baca Juga: BI Solo Ganti Uang Dimakan Rayap Milik Penjaga SD, Total Rp20,2 Juta

Uang itu hasil jerih payahnya menjadi penjaga sekolah sekaligus membuat minuman untuk para guru setiap hari. Kadang, Samin juga menerima upah saat ada pertemuan guru dengan wali siswa atau rapat guru.

Bapak dua anak itu dikenal sebagai sosok yang gemar menabung dan sederhana. Ia hampir setiap hari menyisihkan upah untuk ditabung di celengan plastik. Samin berharap uang simpanannya kembali utuh dengan ditukar ke Bank Indonesia (BI) Solo. Bagi Samin, uang puluhan juta rupiah itu sangat berarti lantaran merupakan tabungan selama bertahun-tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya