SOLOPOS.COM - Uang kertas baru emisi 2022

Solopos.com, JAKARTA–Bank Indonesia (BI) dan pemerintah resmi meluncurkan tujuh pecahan Uang Kertas Tahun Emisi (TE) 2022, Kamis (18/8/2022).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan Rupiah tak hanya sekadar uang, namun merupakan sebuah mata uang yang menggambarkan perjalanan dari bangsa Indonesia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Uang Republik Indonesia (RI) kali pertama disahkan dan berlaku pada 30 Oktober 1946. Kala itu, pengesahan Uang RI tersebut disampaikan oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta dan menandakan babak baru bagi Indonesia yang baru saja merdeka pada 17 Agustus 1945.

Bendahara negara yang kerap disapa Ani itu mengatakan dalam setiap lembaran Rupiah terdapat berbagai cerita dan narasi mengenai kebangsaan dan bangsa Indonesia.

Baca Juga: BI Luncurkan Uang Rupiah Kertas Terbaru, Kepingin Tukar?

“Sebuah motif, spirit. Di sisi satu adalah keberagaman dan disisi lain adalah kebersatuan. Ini adalah lambang dan sekaligus komitmen bagi kita semua,” katanya dalam Peluncuran Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 pada Kamis (18/8/2022).

Dia menekankan Rupiah merupakan satu-satunya alat pembayaran yang sah di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Maka dari itu, sudah selayaknya Rupiah harus dihormati dan dibanggakan oleh masyarakat Indonesia.

“Bersama rupiah kita bangkit untuk lebih kuat menuju Indonesia maju,” ujarnya.

Terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang TE 2022 yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

Inovasi tersebut, dimaksudkan agar uang Rupiah kian mudah dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan, serta lebih sulit untuk dipalsukan.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Uang Kertas Tahun Emisi 2022 Resmi Diluncurkan, Menkeu: Lambang dan Komitmen Kita

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya