[ X ] CLOSE

Twitter Spaces Mirip Zoom Tapi Tanpa Video

Twitter Spaces diciptakan untuk pertemuan virtual seperti Zoom namun tanpa video.
Twitter Spaces Mirip Zoom Tapi Tanpa Video
SOLOPOS.COM - Ilustasi Twitter Space. (Gambar: twitter.com)

Solopos.com, SOLO – Berapa kali anda mengikuti pertemuan virtual dengan aplikasi semacam zoom selama pandemi Covid-19 ini? Ayo ngaku, siapa yang sering menonaktifkan video saat mengikuti pertemuan virtual? Jika anda tergolong peserta seperti itu, mungkin bisa coba Twitter Spaces.

Nah tak perlu takut lagi tak siap tampil dengan tampilan video realtime karena menggunakan Twitter Spaces anda hanya akan menemui sebuah pertemuan yang hanya memuat audio alias suara. “Spaces adalah cara baru untuk melakukan percakapan audio langsung di Twitter. Kami telah menguji dan membangun Spaces dalam diskusi terbuka dengan @TwitterSpaces dan masukan Anda, agar Spaces sesuai dengan keinginan Anda. Kami bersemangat memantau perkembangannya, tetapi masih banyak lagi yang akan tersedia termasuk fitur dan pembaruan baru. Terus ikuti perkembangannya,” tulis Twitter menerangkan Twitter Spaces melalui laman resminya.

Baca Juga: Trending di Twitter, Ini Fakta Kim Seon Ho yang Terbelit Skandal Aborsi

Twitter pun memberi catatan bahwa layanan tersebut masih berada di awal peluncuran. Siapa pun bisa bergabung, mendengarkan dan berbicara melalui ruang baru Twitter tersebut, baik pengguna iOS maupun Android.

Pantauan Solopos.com, Sabtu (23/10/2021) sore, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD pun terlihat telah memanfaatkan fitur baru di Twitter ini. Mahfud yang dikenal aktif dengan akun Twitternya itu pun terdengar leluasa menggulirkan tema dalam diskusinya yang diikuti ratusan orang.

Cara menggunakan Spaces

Masih mengutip laman Twitter, pembuat Space akan menjadi host. Untuk menjadi host, pengguna iOS bisa memulai dengan cara menekan ikon tulis dan menahannya. Akan muncul ikon Spaces seperti gugusan lingkaran membentuk berlian dan fitur ini akan berjalan.

Baca Juga: Jos! Upload Foto-Video Instagram Bisa via Laptop dan Komputer

Cara berikutnya untuk pengguna iOS adalah menekan dan menahan ikon gambar profil. Akan muncul ikon Spaces juga setelah pengguna menekan dan menahan ikon profil. Siapapun bisa bergabung ke Spaces. Pengikuti akun Twitter pengguna mendapat notifikasi semacam pemberitahuan story pada Instagram atau Facebook pada bagian atas layar ponsel.

Pemilik akun yang tak mengikuti akun Twitter host juga bisa menjadi pendengar Spaces. Bahkan, host juga bisa mengundang ke Spaces melalui du acara, mengirim tautan Spaces atau memberi tahu melalui DM.

Siapa Yang Bisa Bicara

Tak perlu khawatir untuk membuat diskusi virtual audio melalui fitur ini. Sebab, Spaces pada Twitter bisa memfasilitasi hingga 13 orang untuk berbicara, termasuk hos dan dua co-host. Pendengar juga bisa meminta mengaktifkan mic kepada operator dalam hal ini host atau co-host.

Baca Juga: Sehari, Ada 13 Juta Pengguna Snapchat

Sebagaimana Zoom atau aplikasi virtual meeting lainnya, Spaces Twitter juga bisa diatur untuk dijadwalkan. Ada juga fasilitas untuk mengirimkan teks saat Spaces berlangsung. Tentu saja teks ini bisa nongol dan tidak atas izin dari host atau co-host.

Untuk saat ini, semua Spaces bersifat publik seperti Tweet, yang artinya dapat diakses oleh siapa saja. Spaces akan muncul secara otomatis di bagian atas timeline Beranda Anda, dan tiap Space memiliki tautan yang dapat dibagikan untuk umum. Karena Spaces dapat diakses secara umum oleh siapa saja, maka mereka dapat menyimak sebuah Space tanpa dicantumkan sebagai tamu di dalamnya.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago