SOLOPOS.COM - Orang terkaya di dunia, Elon Musk memiliki harta Rp2.860 triliun

Solopos.com, JAKARTA–Twitter Inc. menghapus lebih dari 1 juta akun bot atau spam setiap hari.

Mengutip Independet.co.uk, Jumat (8/7/2022), dalam briefing kepada wartawan, platform media sosial tersebut juga membantah klaim bahwa sekitar 20% dari semua akun Twitter palsu atau spam.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Penjelasan eksekutif Twitter itu dilakukan ketika miliarder Elon Musk telah mengancam akan menghentikan kesepakatan untuk membeli Twitter kecuali perusahaan itu menunjukkan bukti bahwa bot spam menyumbang kurang dari 5 persen dari total pengguna di layanan media sosial.

Pada panggilan konferensi, perusahaan menegaskan kembali bahwa akun spam berada di bawah 5%.

Sebelum mengajukan penawaran untuk membeli Twitter, Musk pernah menilai akun palsu sebagai satu-satunya masalah paling menjengkelkan di Twitter.

Baca Juga: Elon Musk Dikabarkan Punya Anak Kembar dengan Karyawan Perusahaannya

Crazy rich dunia tersebut, yang merupakan pendukung cryptocurrency, sering menjadi sasaran scammers yang mencoba menipu pengguna Twitter dengan meniru akunnya dan menawarkan hadiah kripto.

Satu kampanye yang dilacak oleh The Independent pada 2018 mencatat lebih dari 400 orang mengirim cryptocurrency senilai ribuan dolar ke scammers.

Salah satu metode untuk mencegah akun spam dan penipuan di Twitter, menurut Musk, adalah mengotentikasi semua manusia nyata dengan memberikan tanda centang verifikasi kepada pengguna.

“Jika tawaran Twitter kami berhasil, kami akan mengalahkan bot spam atau die trying,” tweet Musk pada April 2022.

Setelah mengajukan tawaran US$44 miliar untuk membeli Twitter, Musk mengancam akan menarik diri dari kesepakatan jika perusahaan tidak memberikan data tentang akun palsu.

Baca Juga: Dituduh Jadi Pelakor, Arawinda Trending Topic di Twitter

Sebagai tanggapan, raksasa media sosial itu mengatakan akan menyediakan akses ke aliran data yang terdiri atas lebih dari setengah miliar tweet per hari.

Mengutip Bloomberg, saham Twitter naik sebanyak 3,4% menjadi $39,51 di tengah berita tentang laporan soal spam di Twitter.

Sebagai catatan, saham Twitter telah turun 12% sejak awal tahun ini hingga penutupan Rabu (6/7/2022).

Eksekutif Twitter menjelaskan perusahaan secara manual meninjau ribuan akun setiap kuartal untuk menentukan jumlah 5%, dan memperkirakan bahwa jumlah akun spam sebenarnya jauh di bawah apa yang diungkapkan dalam dokumen keterbukkan informasi.

Perusahaan juga menggunakan data internal untuk mengonfirmasi nomor bot, termasuk hal-hal seperti alamat IP atau nomor telepon untuk menentukan apakah sebuah akun dijalankan oleh manusia.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Twitter Hapus 1 Juta Akun Palsu Setiap Hari, Merespons Tantangan Elon Musk

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya