SOLOPOS.COM - Tim gabungan sukarelawan di Kabupaten Karanganyar membersihkan material bekas tanah longsor di jalan utama menuju kawasan wisata Tawangmangu melalui Karangpandan pada Minggu (6/12/2020). (Istimewa/Dokumentasi Sukarelawan Solopeduli, Endhy Yudha)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Akses lalu lintas dari Kota Solo dan sekitarnya menuju kawasan wisata Tawangmangu maupun sebaliknya dari Magetan ke Tawangmangu melalui Karangpandan, Karanganyar, sudah dibuka kembali, Minggu (6/12/2020) pukul 14.45 WIB.

Informasi yang Solopos.com himpun, arus lalu lintas sudah buka kembali seperti biasa setelah hampir sembilan jam ditutup karena ada tanah longsor. Kendaraan roda dua maupun empat dan lainnya saat ini sudah boleh melintas.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kaur Bin Ops (KBO) Satlantas, Ipda Anggoro Wahyu Setyabudi, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Leganek Mawardi, menyampaikan arus lalu lintas sudah normal kembali.

Jelang Pilkada Solo: Gibran-Teguh Dan Bajo Sama-Sama Optimistis Menang, Berapa Target Suaranya?

"Minggu pukul 14.45 WIB, akses dari Karanganyar ke Tawangmangu maupun sebaliknya melalui Karangpandan sudah kami buka kembali," kata Anggoro kepada Solopos.com, Minggu.

Sebelumnya, Anggoro menyampaikan arus lalu lintas dari dan menuju kawasan wisata Tawangmangu itu sempat tutup sementara selama hampir sembilan jam atau sejak pukul 06.00 WIB hingga 14.45 WIB.

Penutupan akses jalan utama menuju Tawangmangu itu karena bencana alam tanah longsor pada sejumlah lokasi sepanjang jalan itu. Tim gabungan berupaya membersihkan material bekas tanah longsor menggunakan air.

Pasien Positif Covid-19 Tetap Bisa Nyoblos Pada Pilkada Solo 2020, Begini Alurnya

Pembersihan Material Longsoran

"Tim berupaya membersihkan material bekas tanah longsor wilayah Plumbon. Proses pembersihan menggunakan air dari tangki BPBD maupun pemadam kebakaran. Ini sudah selesai dan normal kembali," jelasnya.

Wakapolres Karanganyar, Kompol Busroni, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Leganek Mawardi, sudah mengecek langsung lokasi terdampak bencana alam tanah longsor pada akses utama menuju Tawangmangu.

"Pembersihan menggunakan air dan sapu lidi. Lumpur bekas material tanah longsor yang jatuh ke jalan raya harus bersih. Supaya tidak licin dan mengganggu pengendara," jelasnya melalui video yang dibagikan melalui akun grup Whatsapp, Minggu.

Tebing Setinggi 9 Meter Longsor Timpa Balai Desa Wonokeling Jatiyoso Karanganyar

Tetapi, Busroni memperingatkan pengendara yang melintasi jalan tersebut agar berhati-hati. Terutama jalan yang terdapat bekas material tanah longsor.

"Tetap berhati-hati melewati jalan itu karena ada beberapa material yang masih ada di tepi jalan. Hati-hati saat melintasi lokasi tersebut. Arus dua arah dari Karanganyar maupun sebaliknya, harap hati-hati selama berkendara."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya