SOLOPOS.COM - Anggota Polresta Solo berjaga saat akan proses penurunan papan nama kantor Khilafatul Muslimin Ummul Quro Solo di Karangasem, Laweyan, Kamis (9/6/2022) siang. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Aparat Polresta Solo menyita beberapa brosur terkait aktivitas Khilafatul Muslimin Ummul Quro Solo Kota dari rumah Walimin yang dijadikan kantor organisasi tersebut di Jl Sawo IV Karangasem, Laweyan, Kamis (9/6/2022).

Hal tersebut dilakukan polisi saat mendatangi rumah itu untuk menyerahkan surat pemanggilan klarifikasi kepada Walimin. Saat itu polisi sekaligus menurunkan papan nama Khilafatul Muslimin Ummul Quro Solo Kota yang terpasang di dinding depan rumah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Selain melakukan pelepasan papan nama, kami membawa beberapa brosur terkait aktivitas Khilafatul Muslimin Ummul Quro Solo, akan kami dalami saat penyelidikan,” ujar Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak.

Ade tidak menjelaskan lebih lanjut ihwal isi brosur tersebut karena baru akan didalami saat klarifikasi terhadap lima pengurus Khilafatul Muslimin Ummul Quro Solo, Senin (13/6/2022). “Nanti akan kami update lagi ya,” ujarnya.

Begitu juga saat ditanya apakah ada simbol-simbol organisasi Khilafatul Muslimin Ummul Quro Solo yang juga disita, Ade menyatakan akan ada update informasi dalam beberapa hari ke depan. Sebab menurutnya polisi masih mendalami penyelidikan.

Baca Juga: Polresta akan Periksa 5 Pengurus Khilafatul Muslimin di Solo, Soal Apa?

Jumlah Anggota

Sementara untuk anggota atau jemaah organisasi tersebut, menurut Ade, ada 31 orang. Dari jumlah itu sebanyak 19 orang merupakan anggota aktif. Sedangkan untuk kegiatan Khilafatul Muslimin Ummul Quro Solo, Ade menyebut di antaranya pengajian.

Kegiatan itu dilakukan dengan lokasi berpindah-pindah, yaitu di rumah anggota atau jemaah organisasi. “Beberapa kegiatan yang dilakukan Khilafatul Muslimin Ummul Quro Solo pengajian rutin berkeliling ke rumah jemaah,” tuturnya.

Ada juga kegiatan konvoi atau arak-arakan di jalan umum yang dilakukan anggota organisasi tersebut empat bulan sekali. Dalam kegiatan itu para anggota Khilafatul Muslimin menyebarkan leaflet, brosur, dan alat peraga lain organisasi tersebut.

Baca Juga: Kapolresta Solo Datangi Kantor Khilafatul Muslimin, Ini yang Dilakukan

Berbagai alat peraga atau brosur itu untuk mengajak masyarakat bergabung dengan organisasi tersebut, sekaligus menanamkan paham yang dianut. “Saya tegaskan warga tetap tenang, serahkan penanganan ini kepada Polri,” tegasnya.

Seperti diketahui, Kapolresta Solo memimpin anggotanya melepas papan nama organisasi di Kantor Khilafatul Muslimin di Karangasem. Ada dua papan yang dilepas, yaitu Khilafatul Muslimin Ummul Quro dan Khilafatul Muslimin Kemas’ulan Laweyan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya