SOLOPOS.COM - Ilustrasi pariwisata Pulau Bali (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, JAKARTA —Wisatawan Polandia sangat menantikan pembukaan pariwisata Bali setelah sekian lama ditutup akibat dampak pandemi Covid-19.

“Bali sangat terkenal di Polandia. Setiap hari kami mendapat pertanyaan dari warga Polandia kapan Bali akan dibuka untuk wisatawan mancanegara khususnya turis Polandia,” kata Duta Besar Polandia untuk Indonesia Beata Stoczynsk dalam wawancara khusus dengan Antara di Kedutaan Besar Polandia, Jakarta, Selasa (12/10/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ia mengatakan Indonesia menjadi salah satu negara tujuan bagi wisatawan Polandia sejak beroperasinya penerbangan langsung (direct flight) dari Denpasar ke Warsawa pada 2018. Namun, pandemi Covid-19 menghentikan sementara penerbangan langsung itu.

“Sebelum pandemi Covid-19 kami memiliki penerbangan langsung antara Warsawa dengan Denpasar. Adanya penerbangan langsung tersebut meningkatkan jumlah wisatawan Polandia setiap tahunnya. Semakin banyak wisatawan dari Polandia yang ingin mengunjungi Bali sebenarnya,” kata Stoczynska.

Baca Juga: Keren, Teknik Industri UNS Miliki Dua Laboratorium Toyota

Ia memahami bahwa ada daftar negara-negara yang dipertimbangkan untuk masuk ke Bali dan Polandia tidak termasuk dalam daftar tersebut.

“Kami belum ada dalam daftar itu hingga saat ini. Kami berharap pariwisata Bali dapat dibuka sesegera mungkin untuk turis Polandia,” kata dia.

Beata Stoczynska juga menyampaikan pujian kepada pemerintah Indonesia yang dinilai berhasil menerapkan langkah-langkah untuk meredakan lonjakan kasus Covid-19 di dalam negeri.

“Saat ini saya melihat pemerintah Indonesia sangat baik dalam menahan penyebaran wabah virus corona. Saya ucapkan selamat yang sebesar-besarnya kepada Indonesia yang telah berhasil mengurangi lonjakan kasus Covid,” kata Stoczynska.

Baca Juga: Tak Hanya Jakarta, Kota-Kota Dunia Ini Diprediksi Tenggelam 2050

Persiapan Pembukaan

Dia menyoroti perbedaan situasi di Indonesia saat jumlah kasus Covid-19 melonjak pada pertengahan 2021 dibandingkan dengan situasi sekarang saat kasus infeksi virus corona mulai menurun.

“Karena seperti yang kita ingat bahwa pada Juni dan Juli tahun ini, kasus Covid di Indonesia sangat tinggi dan menjadi masalah, dan semua orang ketakutan. Tapi apa yang kita lihat sekarang adalah situasi yang sama sekali berbeda sudah jauh lebih baik,” ujar Stoczynska.

“Saya sangat menghormati pemerintah Indonesia dan juga kepemimpinan Presiden Joko Widodo, kementerian kesehatan dan lembaga lainnya atas semua yang telah mereka lakukan untuk mencapai situasi [yang lebih baik] yang kita miliki saat ini di Indonesia,” ujar.

Baca Juga: Salah Satu Orang Terkaya RI Sumbang Rp10 Miliar untuk Afghanistan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sebelumnya mengatakan bahwa Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan telah memberikan arahan terkait negara yang dipertimbangkan masuk ke dalam seleksi akhir untuk diizinkan ke Bali, yaitu China, Korea Selatan, Jepang, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, dan Selandia Baru.

Kami menyampaikan beberapa usulan negara-negara lain yang juga bisa disasar, ujar Menparekraf.

Sandiaga juga memperkuat persiapan rencana pembukaan Bandara I Gusti Ngurai Rai, Bali, untuk menyambut wisatawan mancanegara pada Kamis mendatang (14/10/2021) dalam tahap uji coba.

Sejumlah persiapan itu di antaranya adalah peningkatan keterampilan dan vaksinasi bagi pelaku pariwisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya