SOLOPOS.COM - Sejumlah teknisi sedang bekerja di Balai Yasa Yogyakarta, awal 2020. (Solopos/Farida Trisnaningtyas)

Solopos.com, JOGJA -- PT KA Pariwisata (Kawisata) menghadirkan tur virtual bertajuk Explore to Balai Yasa Indonesian Railways Locomotive Workshop.

Acara ini diselenggarakan pada hari ini atau Jumat (4/9/2020) pukul 15.00 WIB sampai 16.00 WIB. Pendaftaran kegiatan ini sudah dibuka sejak Sabtu (29/8/2020).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Direktur Utama Kawisata, Totok Suryono, mengatakan kegiatan tur virtual Balai Yasa merupakan inovasi Kawisata untuk mengajak masyarakat dan para Railfans atau pencinta kereta api melihat suasana salah satu Balai Yasa atau bengkel pusat kereta api di Jogja.

Covid-19 di Boyolali Menyebar ke Perusahaan Picu 26 Kasus Baru, Begini Ceritanya

“Tur virtual Explore to Balai Yasa, Indonesian Railways Locomotive Workshop sangat istimewa. Sebelumnya Kawisata telah menyelengarakan virtual tour yang menampilkan destinasi-destinasi wisata meliputi Virtual Tour de Lawang Sewu, Virtual Tours The Legend Jogja, dan Virtual Tours Goes To Palembang,” kata dia kepada Solopos.com, Kamis (3/9/2020).

Totok menjelaskan melalui tur virtual ini, masyarakat bisa melihat bagaimana proses perawatan dan perbaikan lokomotif. Pemandangan kereta api yang diperbaiki dan peralatan pendukung lain akan membuat peserta tur ini berdecak kagum.

Antimainstream, Sanksi Pelanggar PSBB Masuk Ambulans hingga Tidur di Peti Mati

Balai Yasa Jogja Dibangun 1914

Pejabat Humas Kawisata, M Ilud Siregar, menambahkan Balai Yasa Yogyakarta mulai dibangun pada 1914 oleh NIS atau Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschapij.

Balai Yasa menjadi bengkel besar yang menangani perawatan serta pemeliharaan lokomotif, kereta, dan gerbong milik NIS.

Dua Pekan Ungkap Pembunuhan Sekeluarga di Duwet, Kasatreskrim Sukoharjo Digeser

“Kami mengajak masyarakat dan para Railfans atau pencinta kereta api yang ingin mengetahui dan mengeksplorasi lebih jauh Balai Yasa Yogyakarta untuk ikut serta,” ujar dia.

Ilud mengatakan bagi masyarakat yang berminat mengikuti tur virtual Balai Yasa ini cukup dengan mendaftar dengan biaya Rp25.000. Caranya, masyarakat bisa menghubungi via Whatsapp atas nama Nadia pada nomor 08128700365.

Ini bisa menjadi pilihan wisata di tengah pandemi Covid-19. Dengan tur virtual, masyarakat tak perlu menempuh perjalanan menuju lokasi Balai Yasa Jogja.



Selamat Hari Pelanggan Nasional, Pernah Dikecewakan Seperti 3 Tokoh Ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Polisi Dalami Penyalahgunaan Narkotika oleh Selebgram Chandrika Chika

Polisi Dalami Penyalahgunaan Narkotika oleh Selebgram Chandrika Chika
author
Newswire , 
Astrid Prihatini WD Rabu, 24 April 2024 - 22:20 WIB
share
SOLOPOS.COM - Chandrika Chika. (Instagram/@chndrika_)

Solopos.com, SOLO-Polres Metro Jakarta Selatan mendalami kasus penyalahgunaan narkotika yang dilakukan oleh selebgram Chandrika Chika dan temannya karena pada saat tes urine ada yang positif metamfetamina atau sabu-sabu. Simak ulasannya di kabar artis ini.

“Kami sudah memeriksa urine terhadap enam tersangka dan hasil pemeriksaan ditemukan ada yang positif metamfetamina,” kata Wakil Kepala Satuan Reserse Narkoba (Wakasat Reskoba) Polres Metro Jakarta Selatan AKP Rezka Anugras saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (24/4/2024).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, dari enam selebgram yang ditangkap dalam kasus penyalahgunaan narkotika diketahui dua di antaranya positif mengonsumsi narkotika jenis sabu-sabu serta empat lainnya, termasuk Chandrika Chika, positif ganja.

Rezka mengatakan, untuk di lokasi kejadian petugas hanya menyita barang bukti berupa rokok elektrik yang berisi cairan ganja dan tidak menemukan barang bukti sabu-sabu. Karena itu pihaknya akan mendalami kasus tersebut, agar lebih terang.

Koran Solopos

“Kami akan melakukan pendalaman, terkait temuan dua dari keenam selebgram positif sabu-sabu,” tuturnya.

Berdasarkan hasil tes urine, untuk yang positif ganja selebgram berinisial AT, MJ, CK dan AMO.  Sedangkan positif yang metamfetamina atau sabu-sabu HJ dan BB.

Polres Metro Jakarta Selatan telah menetapkan enam tersangka penyalahgunaan narkotika jenis ganja di mana dari jumlah tersebut merupakan selebgram dan atlet e-sport.  “Ada enam orang yang kami tetapkan sebagai tersangka penyalahgunaan narkotika,” katanya.

Emagazine Solopos

Menurut dia, keenam orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penyalahgunaan narkotika yaitu selebgram Chandrika Chika alias CK, 20; AT, 24, serta MJ, 22, mereka berjenis kelamin perempuan, lalu ada AMO, 22; BB, 25; dan HJ, 27,  berjenis kelamin laki-laki. Rezka mengatakan para tersangka merupakan selebgram dan ada pula atlet e-sport yang memiliki pengikut ratusan ribu bahkan sampai dua juta.

Akibat perbuatannya keenam tersangka dikenakan pasal 127 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan diancam hukuman maksimal empat tahun penjara.

Chandrika Chika mengaku telah menyalahgunakan narkotika lebih dari setahun dan diakui sebagai hal biasa dalam pergaulan.   “Kami sudah memeriksa saudari CK, bahwa pertama kali dia mengenali narkotika sudah satu tahun lebih,” kata kata Wakasat Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan AKP Rezka Anugras saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (24/4/2024).

Interaktif Solopos

Menurut dia, Chika Chandrika alias (CK) dan lima selebgram lainnya mengaku tidak ada tujuan khusus memakai narkotika. Mereka mengakui hanya ikut pergaulan dan sudah dianggap wajar.

Para tersangka penyalahgunaan narkotika ini sudah terbiasa dalam pergaulan yang sama-sama menggunakan narkotika.
“Kami sempat tanyakan kepada para tersangka bahwa tidak ada tujuan khusus untuk menggunakan narkoba seperti mungkin ‘doping’ atau apa. Tetapi karena memang sifatnya pergaulan, dan menurut mereka sudah merupakan hal lumrah,” ujarnya.

Ia menambahkan, pada saat ditangkap, mereka mengonsumsi narkotika dengan menggunakan rokok elektrik yang berisikan cairan ganja dan digunakan secara bergantian.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Ini Harapan Lukman Sardi atas Glenn Fredly The Movie

Ini Harapan Lukman Sardi atas Glenn Fredly The Movie
author
Astrid Prihatini WD Rabu, 24 April 2024 - 22:08 WIB
share
SOLOPOS.COM - Lukman Sardi. (Instagram @lukmansrd)

Solopos.com, SOLO-Aktor sekaligus sutradara film Glenn Fredly The Movie Lukman Sardi berharap film yang digarapnya itu dapat menjadi sebuah warisan untuk semua orang dan selebrasi bagi seniman seperti Glenn yang telah memberikan bakti serta karyanya untuk Indonesia. Simak ulasannya di kabar artis ini.

“Kami harus memberikan apresiasi dan selebrasi kepada seniman-seniman Indonesia yang telah memberikan hatinya buat Indonesia,” kata Lukman saat ditemui dalam penayangan perdana film Glenn Fredly The Movie di kawasan Epicentrum, Jakarta Selatan, Rabu (24/4/2024).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ini sebuah legacy atau warisan buat keluarga Glenn, buat kita, dan seluruh rakyat Indonesia,” katanya dikutip dari Antara pada Rabu (24/4/2024).

Menariknya, Lukman sempat menitikkan air mata saat melihat penonton datang memenuhi kursi bioskop di acara penayangan perdananya. Meskipun Lukman sudah menonton filmnya berulang kali, dia berharap pesan dalam film Glenn Fredly The Movie dapat tersampaikan dengan baik kepada penonton.

Koran Solopos

“Ini jadi semacam hal yang tidak terlupakan, yang membuat saya terharu adalah bagaimana respons teman-teman saat menontonnya,” katanya.

“Glenn Fredly The Movie” merupakan film karya Lukman Sardi yang mengangkat tema keluarga dan musik, dua hal paling penting dalam hidup mendiang Glenn Fredly. Film biografi ini juga menampilkan beberapa momen ikonik Glenn saat tampil di atas panggung dan dedikasinya terhadap musik.

Melalui film ini, Lukman berharap masyarakat dapat terinspirasi untuk memperjuangkan impian mereka. Selain itu, Lukman ingin ke depannya ada lebih banyak lagi film-film Indonesia yang mengangkat tema seputar musik dan seniman.

Emagazine Solopos

“Mudah-murahan ini bisa jadi titik awal yang bagus untuk ke depannya film Indonesia semakin banyak [yang mengangkat seniman atau musisi Indonesia],” ujarnya.

Melalui akun Instagramnya, Lukman Sardi juga pernah mengumumkan jadwal pemutaran Glenn Fredly The Movie. Hal itu terlihat di unggahan tertanggal 7 April 2024.

“Glenn Fredly The Movie.. segera di 25 April 2024 di bioskop,” demikian tulisnya dikutip Solopos.com dari Instagram @lukmansrd pada Rabu (24/4/2024).

Interaktif Solopos

Unggahan itu mendapatkan beragam komentar warganet. Kebanyakan berharap film tersebut sukses. “Sukses dan semoga meledak filmnya om…Gbu,” tulis @jag***.

“Sakses masku!” tulis @fajar***.

“Semoga sukses, Tuhan berkati,” tulis @dicky***.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Ingin Terus Ciptakan Sejarah, Kapten Rizky Ridho: Target Kami Olimpiade Paris!

Ingin Terus Ciptakan Sejarah, Kapten Rizky Ridho: Target Kami Olimpiade Paris!
author
Abu Nadzib , 
Abu Nadzib Rabu, 24 April 2024 - 22:00 WIB
share
SOLOPOS.COM - Kapten Timnas U-23 Rizky Ridho (Istimewa)

Solopos.com, DOHA — Kapten tim Rizky Ridho ingin Indonesia menciptakan lebih banyak lagi sejarah dalam debut Garuda Muda di Piala Asia U-23 Qatar.

Rizky Ridho tak ingin memberi waktu bagi tim Korea Selatan untuk beristirahat ketika kedua tim bertemu di babak perempatfinal pada Jumat (26/4/2024) dini hari mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip Solopos.com dari laman AFC, Rabu (24/4/2024), Rizky Ridho yang menjadi aktor penting sukses Indonesia di Piala Asia U-23, menegaskan mereka tidak terbebani oleh ekspektasi tinggi suporter Garuda.

Mereka tak puas dengan lolos ke perempatfinal dan ingin lagi menciptakan sejarah.

Koran Solopos

“Kami tahu pertandingan besok penting tapi kami tidak puas hanya dengan lolos ke perempatfinal. Tidak ada tekanan bagi kami dan kami hanya berusaha menikmati pertandingan, dan target kami adalah pergi ke Olimpiade,” kata pemain berusia 22 tahun itu.

Rizky berjanji Indonesia tidak akan membiarkan lawannya beristirahat sejenak demi mengincar finis empat besar.

“Untuk besok, kami siap secara tim mengikuti instruksi pelatih. Kami tahu Republik Korea adalah tim yang bagus tetapi kami fokus untuk menang dan siap bertarung,” tegas bek Persija Jakarta ini.

Emagazine Solopos

Indonesia sukses mencetak sejarah secara beruntun di Piala Asia U-23.

Setelah menciptakan sejarah lolos kali pertama sejak 2013, Garuda Muda lolos ke perempatfinal dalam debut dengan mengalahkan dua tim kuat, Australia 1-0 dan Yordania 4-1.

Indonesia juga ingin mencetak sejarah lolos ke Olimpiade Paris 2024 setelah keikutsertaan kali pertama pada Olimpiade 1956.

Interaktif Solopos

Kapten Timnas U-23 Korsel, Byun Jun-soo, tak ingin meremehkan lawan mereka.

Ia mengingatkan rekan-rekannya untuk menjaga fokus jelang lawan Indonesia di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Jumat dini hari.

“Saya sudah menonton tiga pertandingan Indonesia dan menurut saya mereka bukan underdog. Mereka terorganisasi dengan baik, cepat, agresif dan mendapatkan banyak momentum, mereka adalah tim yang bagus,” kata pemain berusia 22 tahun itu.



Pertandingan ini akan menandai kembalinya Byun dari skorsing, setelah melewatkan kemenangan terakhir mereka di Grup B melawan Jepang.

Bek tengah klub Gwangju FC ini berharap bisa membantu timnya mempertahankan rekor kemenangan dan rekor tidak kebobolan satu gol pun sejauh ini.

“Saya senang dengan rekor clean sheet kami meski sayang rekan saya Seo Myung-guan cedera di gim pertama. Tetapi kami semua bermain bagus sebagai satu kesatuan dan suasana tim bagus saat ini. Kami tahu bahwa babak sistem gugur adalah hal yang berbeda dan kami tidak akan lengah.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories