SOLOPOS.COM - Hiasan kalung berbandul Rajamala menjadi suvenir bagi para delegasi forum G20 yang diberikan saat tur ke Loji Gandrung Solo, Kamis (31/3/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Para delegasi negara anggota G20 yang mengikuti ajang Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG) di Solo melakukan tur singkat di Loji Gandrung dan Museum Batik Danar Hadi, Kamis (31/3/2022) siang.

Para delegasi mendapatkan kalung rajamala sebagai suvenir. Rajamala merupakan salah satu ikon sejarah Kota Solo yang dijadikan candik atau hiasan pada ujung depan perahu pada masa Paku Buwono (PB) V.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Hari Pertama Forum G20 Solo Soroti Pemulihan Ekonomi yang Belum Merata

Berdasarkan pantauan Solopos.com, sebanyak 41 delegasi dari negara-negara anggota G20 selesai melakukan diskusi lalu makan siang di Alila Hotel Solo. Selanjutnya mereka mengikuti tur singkat.

Para delegasi pertemuan TIIWG G20 tiba di Loji Gandrung Solo sekitar pukul 14.30 WIB menggunakan kereta uap atau sepur kluthuk Jaladara. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang serta Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyambut para tamu.

Baca Juga: Ini Dia Menu Khas Sajian Welcoming Dinner G20 Solo di De Tjolomadoe

Putra Putri Solo kemudian memberikan dan memakaikan kalung berbandul rajamala kepada para tamu yang tiba sebelum berfoto bersama. Sejumlah delegasi melihat produk UMKM Soloraya binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo dan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Solo.

Berbagai produk UMKM dipamerkan di 19 booth di Loji Gandrung, antara lain produk kecantikan dari Griya Rempah, produk batik dari Paguyuban Giriarum dari Kecamatan Matesih, Karanganyar; dan organik fashion dari Kainku Biru.

Baca Juga: Gala Dinner G20 di Mangkunegaran Solo, Tamu Makan Sambil Nonton Tarian

Sebelumnya, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo, Nugroho Joko Prastowo, menjelaskan para delegasi akan naik kereta uap lalu berhenti di  Loji Gandrung dan Toko Batik Danar Hadi Solo.

“Tujuannya memperkenalkan produk UMKM Solo sehingga dampak perhelatan G20 dirasakan masyarakat Solo khususnya masyarakat UMKM,” jelasnya. Selanjutnya, Kamis malam para delegasi akan dijamu menu istimewa pada Gala Dinner di Pura Mangkunegaran Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya