SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Lebih dari seratus karyawan PT Bening Big Tree Farms tidak mendapatkan THR lantaran perusahaan yang ada di Tempel itu pindah ke luar daerah

Harianjogja.com, SLEMAN—Hingga H+7 Lebaran atau sampai Minggu (2/7/2017), sebanyak 132 buruh di Sleman ternyata belum mendapatkan tunjangan hari raya (THR). Kasus ini pun dilaporkan ke Kementerian Tenaga Kerja.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sekretaris Jenderal Aliansi Buruh Yogyakarta (ABY) Kirnadi mengatakan sepekan sebelum Lebaran, lembaganya menerima aduan soal THR sebanyak 600 pekerja dari berbagai perusahaan.

Ekspedisi Mudik 2024

Namun, jumlah pekerja yang belum dapat THR terus menyusut setelah dilakukan mediasi. Sayangnya, sampai Lebaran usai, masih ada satu perusahaan yang belum menyelesaikan kewajiban pembayaran THR itu.

“Ada satu perusahaan dengan jumlah karyawan 132 orang yang belum menerima THR,” katanya kepada Harian Jogja, Minggu (2/7/2017). Ratusan karyawan itu berasal dari PT Bening Big Tree Farms. Atas kasus ini, ABY telah melaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) daerah hingga Kemenaker.

Lebih dari seratus karyawan PT Bening Big Tree Farms tidak mendapatkan THR lantaran perusahaan yang ada di Tempel itu pindah ke luar daerah. Pekerja padahal tidak wajib mengikuti perpindahan lokasi itu sehingga perusaahaan wajib membayar pesangon dan THR.

Hal tersebut diamini oleh Ketua Forum Perjuangan Hak Karyawan Big Tree Farms, Doni Andrianto. Mereka yang tidak mendapatkan THR adalah pekerja yang tidak bersedia ikut serta dalam kepindahan perusahaan dari Tempel ke Sukoharjo, Jawa Tengah.

Saat dimintai konfirmasi masalah tersebut, Plant Manager PT. Bening Big Tree Farms Wilayah Jawa, Mujahid Muslim, menerangkan perusahaan masih mempelajari masalah THR dan pesangon tersebut. “Perusahaan sudah kirimkan surat ke kantor pusat di Bali. Belum ada jawaban,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya