SOLOPOS.COM - Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (Instagram @kaesangp)

Solopos.com, SOLO-Acara ngunduh mantu pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono di Loji Gandrung Solo akan diwarnai dengan upacara tumplak punjen. Simak ulasannya di kabar artis kali ini.

Sebagaimana diketahui putra bungsu Presiden Joko Widodo itu bakal menikah dengan finalis Puteri Indonesia 2022 pada 10 Desember 2022 di Yogyakarta. Setelah itu acara akan dilanjutkan dengan ngunduh mantu di Solo pada 11 Desember 2022.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Acara ngunduh mantu berupa ritual adat Jawa akan dipusatkan di Loji Gandrung, setelah selesai pengantin akan dikirab menuju Pura Mangkunegaran Solo menggunakan kereta kencana. Asmoro Decoration dipercaya sebagai pendekor.

Baca Juga: Siapa Ayah Erina Gudono, Ini Jawabannya

Sebelum mengadakan acara tumplak punjen, Presiden Joko Widodo akan mengadakan acara ngunduh mantu dalam pernikahan Kaesang-Erina Gudono di Loji Gandrung.

“Tema yang sudah di-approve adalah Mataram Islam. Kenapa Mataram Islam? Karena Mataram Islam merupakan cikal bakal Keraton Kasunanan Surakarta dan Yogyakarta. Di Loji Gandrung itu prosesi adat, salah satunya sungkeman dan tumplak punjen,” papar pemiliki Asmoro Decoration, Ranu Asmoro, dikutip dari kanal Youtube Berita Surakarta pada Selasa (6/12/2022).

Sementara Art Director Asmoro Decoration, Pandji Vasco Da Gama, menjelaskan pihaknya tak hanya berfokus di Loji Gandrung. “Untuk acara di kediaman dan di Pura Mangkunegaran kita sudah menyiapkan konsep, tapi untuk resepsi masih ada alternatif dari inhousenya istana [Mangkunegaran].”

Baca Juga: Urutan Upacara Perkawinan Adat Yogyakarta, Penuh Makna Simbolis

Di Loji Gandrung akan ada panggung berbentuk seperti huruf L. Panggung itu untuk mempelai dan pihak keluarga.  “Di Loji Gandrung ada gamelan di bawah teras sebelah timur…acaranya pagi, tapi jamnya belum fix,” bebernya.

Setelah acara adat di Loji Gandrung selesai, pengantin akan dikirab menuju Pura Mangkunegaran. Sepanjang perjalanan akan disebar udhik-udhik yang berisi uang logam, beras dan rempah-rempah. Selain itu ada pula tradisi begalan di Jalan Slamet Riyadi. Bertindak sebagai begalan dari ISI Solo.

Sebelum tumplak punjen dalam pernikahan Kaesang-Erina Gudono, terlebih dulu akan ada upacara ngunduh mantu. Sedangkan rangkaian acara ngunduh mantu dimulai dari pasrah pinampi.

Baca Juga: Begini Urutan Ngunduh Mantu Pernikahan Kaesang-Erina Gudono

“Setelah pasrah pinampi itu ada upacara sungkeman. Setelah itu biasanya ada foto keluarga, dua keluarga itu sudah menyatu resmi,” tuturnya.

Setelah acara sungkeman selesai, barulah diadakan upacara tumplak punjen sebagai akhir dari rangkaian pernikahan Kaesang-Erina Gudono. “Tumplak punjen itu sebagai rasa syukur orang tua sudah purna menikahkan anaknya yang terakhir. Tumplak itu menuangkan apa ya kayak ungkapan rasa syukur gitu,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya