SOLOPOS.COM - Melanie Subono. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Melanie Subono baru-baru ini menjalani operasi pengangkatan rahim imbas tumor di tubuhnya pecah. Sebelum jalani operasi, perut pemeran Detik Terakhir itu sempat membengkak.

Seperti diketahui, Melanie Subono mengalami kelainan darah hingga membuatnya kerap pendarahan dengan menstruasi tak normal. Gumpalan-gumpalan darah di rahim itu pun menimbulkan beberapa tumor seperti miom dan kista.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pendarahan itu dialami Melanie Subono selama puluhan tahun. Operasi pertamanya bahkan sudah dilakukan sejak SMA.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Natto dari Jepang untuk Kesehatan Tubuh

“Tiga bulan lalu tiba-tiba perutnya membengkak. Ternyata ada [tumor] yang pecah di dalam,” ungkap manajer Melanie Subono, Yulia Dian, kepada awak media seperti dikutip dari suara.com, Senin (25/10/2021).

Menurut Yulia, Melanie Subono seharusnya rutin kontrol kondisi rahim setiap tiga bulan sekali. Namun belakangan ini, hal itu tidak dilakukan lantaran terhalang pandemi Covid-19.
“Melanie selalu memeriksakan diri setiap tiga bulan sekali. Namun pada masa Covid-19 dia tidak bisa memeriksakan diri, karena penuh pasien Covid-19,” tuturnya.

Baca Juga: Stres Kena PHK Saat Pandemi? Begini Cara Mengatasinya

Menurutnya, karena tak kunjung diperiksakan ke dokter, kondisi rahimnya tak terkontrol. Sebab, efek dari operasi-operasi sebelumnya menimbulkan perlengketan di rahim. “Perlengketan dari operasi sebelumnya yang sudah sangat sering. Akhirnya tidak bisa menunggu karena Melanie ketika menstruasi kadang benar, kadang lebih ke pendarahan,” jelasnya.

“Operasi pertama saat masih duduk di bangku SMA dan gumpalan yang diambil 7×8 cm. Sampai tahun ini sudah ada enam sampai tujuh kali operasi macam-macam,” kata Yulia Dian.

Konsekuensi dari beberapa tindakan medis tersebut, Melanie jadi tak bisa memiliki keturunan. Melanie Subono jalani operasi selama enam jam. Kondisinya sempat menurun karena dia juga punya masalah pada paru-parunya.

Baca Juga: Akun Instagram Para Artis Ini Mendadak Hilang Seperti Rachel Vennya

Meski dipastikan bukan Covid-19, selama perawatan di rumah sakit, Melanie Subono tak bisa dijenguk dan hanya diizinkan didampingi seorang adiknya. Melanie Subono menceritakan proses pengangkatan rahim akibat tumor di tubuhnya pecah di unggahan Instagram. Operasi ini dilakukan di RSCM pada Kamis (21/10/2021) dan berlangsung selama enam jam.

“Setelah masuk ruang operasi jam 07.30. Melanie keluar pada jam 13.30. Dalam operasi ke-5 ini, diangkat semua yang harus dikeluarkan termasuk uterus dan ovarian sebesar 1.3 kg sepanjang 12 cm,” tulis Melanie Subono dalam unggahan Instagram-nya.

Sang musisi sekaligus aktivis ini sempat dipasang oksigen karena saturasi turun. Namun kini kondisinya sudah stabil. Prosedur medis pengangkatan rahim pada wanita disebut histerektomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya