SOLOPOS.COM - Chair Senior Officials's Meeting (SOM) Desra Percaya (kiri) menyapa para pejabat tinggi dari negara-negara anggota Indian Ocean Rim Association (IORA) sebelum pembukaan SOM pada hari pertama KTT IORA 2017 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Minggu (5/3/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Rosa Panggabean)

Indonesia memiliki misi besar sebagai tuan rumah KTT IORA 2017, yaitu menggarap Samudera Hindia.

Solopos.com, JAKARTA — Indian Ocean Rim Association (IORA) akan menjadi salah satu implementasi pilar Poros Maritim pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebutkan, Indonesia akan mengisi kekosongan di Samudera Hindia dan memanfaatkan peluang ekonomi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Retno menjelaskan bahwa bagian barat Samudera India adalah pasar yang telah tergarap. “Melalui IORA, kita ingin jadikan bagian timur Samudera India pintu akses kerja sama dengan negara-negara di Afrika dan Timur Tengah,” ujarnya seperti dilansir oleh kemlu.go.id, Minggu (5/3/2017).

Di balik diplomasi maritim di IORA, Indonesia memperkirakan samudera adalah kawasan masa depan. Sekitar 2,7 miliar penduduk dunia dari 21 negara berada di kawasan ini. Setengah dari negara G-20 juga ada di Samudera India.

Menlu Retno mengatakan bahwa partisipasi pertemuan ini melebihi harapan. Di sela-sela konferensi, akan diatur sejumlah pertemuan bilateral di tingkat Kepala Pemerintah maupun Menteri. “Dari 21 negara, telah dipastikan kehadiran 16 pemimpin dan 5 di tingkat menteri.”

Sebelumnya, Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Desra Percaya mengemukakan IORA Leader’s Summit akan terdiri dari rangkaian pertemuan tingkat Pejabat Tinggi (Senior Officials Meeting – SOM), pertemuan tingkat Menteri (Council of Ministers Meeting – COMM) dan pertemuan tingkat Puncak (Leaders Summit).

“Presiden Joko Widodo direncanakan akan memimpin sesi Leaders Summit bersama dengan PM Australia [sebagai ketua IORA sebelumnya] dan Presiden Afrika Selatan [Ketua IORA berikutnya]. Selain itu, Presiden Joko Widodo juga direncanakan akan menyampaikan sambutan dalam acara Business Summit,” kata Desra dalam press briefing di Kemlu, Kamis (2/3/2017) kemarin.

Leader’s Summit ini, jelas Desra, merupakan pertemuan tingkat puncak pertama dalam sejarah terbentuknya kerja sama negara-negara di Samudera India sejak 1997. Format pertemuan di tingkat puncak adalah inisiatif dalam Keketuaan Indonesia di IORA periode 2015-2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya