SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA--Peringatan tsunami menyusul gempa 7,9 skala richter yang terjadi di Filipina juga diberikan untuk Indonesia. Badan Metereolgi dan Geofisika (BMKG) menyatakan wilayah Sorong dan Raja Ampat, Papua Barat dalam level siaga.

“BMKG telah menyampaikan informasi kepada Posko BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) adanya potensi tsunami level siaga di Sorong dan Raja Ampat,” kata Kepala Pusat Informasi dan Data BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam pesan singkat yang diterima detikcom, Jumat (31/8/2012).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sutopo memperkirakan tsunami akan terjadi di Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Papua Barat pada pukul 23.00 WIT. Ketinggian tsunami diperkirakan hanya 0,5 meter.

“Masyarakat diminta menjauhi pantai,” tutur Sutopo.

Gempa 7,9 skala richter itu terjadi pada pukul 19.47 WIB. Pusat gempa ada di 163 Km sebelah timur lepas pantai Kota Guiuan, Samar, dengan kedalaman 20 Km.

US Geological Survey dan Pacific Tsunami Warning Center merilis peringatan tsunami untuk Filipina, Jepang, Taiwan, Papua Nugini, dan Indonesia. Selain itu, peringatan tsunami juga dikeluarkan untuk pulau-pulau lainnya yang ada di wilayah Pasifik termasuk negara bagian Amerika Serikat, Hawai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya