SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Harga tiket masuk pengunjung Taman Satwa Taru Jurug atau TSTJ yang berganti nama menjadi Solo Safari setelah dibuka kembali mulai 27 Januari 2023 hingga kini masih dibahas.

Namun begitu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan harga tiket masuk Solo Safari kurang dari Rp50.000. “Masih murah kok, di bawah Rp50.000. Masih terjangkau masyarakat,” paparnya saat diwawancarai wartawan di Balai Kota Solo, Kamis (15/12/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gibran menyampaikan harga tiket tersebut masih dalam pembahasan secara mendalam. Kenaikan harga tiket dipengaruhi sederet fasilitas, wahana, dan koleksi satwa. Namun, Gibran menyebut harga tiket nanti masih terjangkau, di bawah Rp50.000 per orang.

Berdasarkan catatan Solopos.com, harga tiket masuk TSTJ Solo sebelum revitalisasi oleh Taman Safari Indonesia berkisar antara Rp20.000 hingga Rp25.000 per orang. Anak-anak dengan tinggi badan minimal 80 cm dikenai biaya tiket penuh.

Diberitakan sebelumnya, TSTJ Solo yang akan berganti nama menjadi Solo Safari dipastikan bakal buka kembali untuk pengunjung pada 27 Januari 2023. Jadwal tersebut mundur dari rencana semula dibuka sebelum libur Natal dan Tahun Baru, tepatnya 23 Desember 2022.

Baca Juga: Tak Jadi sebelum Natal, Solo Safari Jurug Baru Dibuka 27 Januari 2023

Gibran mengakui pengerjaan proyek TSTJ molor dari target semula karena musim penghujan yang menghambat pengerjaan proyek fisik. Namun demikian, Gibran memastikan TSTJ bisa dibuka untuk pengunjung pada Januari 2023.

Revitalisasi Berlanjut ke Tahap II

Meski dibuka untuk umum, revitalisasi TSTJ oleh Taman Safari Indonesia sebenarnya belum selesai total. Revitalisasi akan dilanjutkan ke tahap II pada tahun depan.

Sejumlah fasilitas akan melengkapi objek wisata kebun binatang tersebut. Di antaranya ada kafe lion di bagian belakang. Kafe atau restoran ini menawarkan sensasi makan dengan pemandangan langsung ke kandang singa.

Baca Juga: Waduh! Progres Melambat, Proyek TSTJ dan Selter Manahan Solo Bikin Ketir-Ketir

Selain itu juga ada atraksi hewan atau animal show yang siap menghibur para pengunjung. “Nanti banyak sekali wahana hiburan di dalam area TSTJ,” ujarnya.

Sementara itu, seorang warga asal Kelurahan Sewu, Solo, Ardani berharap agar harga tiket pengunjung masih terjangkau masyarakat menengah ke bawah. Selama ini, TSTJ menjadi salah satu kebun binatang favorit bagi masyarakat di Solo dan sekitarnya yang ingin berwisata sembari mengedukasi anak-anak.

“Dari konsep dan fasilitasnya memang terkesan mewah. Harapannya, harga tiket tetap terjangkau agar masyarakat dari beragam latar belakang tetap bisa mengunjungi TSTJ,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya