SOLOPOS.COM - Ilustrasi jalur Bukit Bego, Dlingo, Bantul, lokasi kecelakaan maut bus wisata pada 6 Februari 2022. (Harian Jogja-Catur D.J.)

Solopos.com, BANTUL — Truk bermuatan pupuk organik terperosok di jurang dekat Bukit Bego, Dusun Kedung Buweng, Desa Wukisari, Kapanewon Imogiri, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, Senin (1/8/2022). Dalam kecelakaan itu, tiga orang yang naik truk itu mengalami luka-luka.

Ketiga orang yang ada di dalam truk berpelat nomor AB 8925 FD itu bernama Wasgiyanto, 33; Margiyanto, 28; dan Didik Rahmad, 42.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kanit Gakkum Satlantas Polres Bantul, Iptu Maryono, menjelaskan dalam kecelakaan tunggal yang melibatkan truk tersebut tidak ada korban meninggal dunia. Namun, tiga orang mengalami luka-luka.

Ketiganya mengalami luka sobek di bagian kepala dan lebam-lebam. Mereka dirawat di Rumah Sakit Nur Hidayah, Blawong. Salah satu dari ketiga orang itu telah pulang dan menjalani rawat jalan.

Baca Juga: Siswi SMAN 1 Banguntapan Dipaksa Berjilbab, Kepsek: Itu Hanya Tutorial

“Penumpang yang sudah pulang dan rawat jalan Didik Rahmad,” kata dia, Selasa (2/8/2022).

Berdasarkan hasil pemeriksaan, polisi mendapati kecelakaan itu disebabkan tidak maksimalnya fungsi rem sehingga saat berada di turunan truk hilang kendali.

“Rem tidak berfungsi dengan baik sehingga dalam turunan hilang kendali dan menabrak pembatas ban dan tiang telepon,” ungkapnya.

Untuk kronologi kecelakaan tunggal ini bermula ketika truk bermuatan pupuk organik melaju dari arah timur ke barat. Saat di jalan turunan hilang kendali lalu menabrak pembatas jalan berupa tumpukan ban dan tiang telepon.

Baca Juga: Belasan Sekolah di DIY Berbisnis Seragam dengan Siswa, Begini Modusnya

Setelah menabrak, truk pun terpental ke arah kiri dan masuk ke jurang sedalam sekitar 5 meter. Selain korban luka, kecelakaan ini mengakibatkan kerusakan pada truk yakni seluruh bodi ringsek. Total kerugian materi ditaksir mencapai Rp10 juta.

Atas kejadian ini, ia mengimbau pengendara agar berhati-hati ketika melintasi turunan yang menghubungkan Dlingo-Imogiri tersebut, dan memastikan kondisi kendaraan layak jalan.

“Fokus dan harus bisa mengendalikan kecepatan,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Truk Masuk Jurang di Bukit Bego, Begini Kondisi Korban…

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya